Detail Karya Ilmiah
-
SIKAP NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR DESA BANYUAJUH KECAMATAN KAMALPenulis : Desy Widya AstutiDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
Peneltian ini bertujan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa sekolah dasar dan strategi sekolah dalam meningkatkan sikap nasionalisme. Mata pelajaran PKn berperan penting dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap nasionalisme siswa sekolah dasar terlaksana di sekolah dengan baik. Sikap nasionalisme siswa sekolah dasar di Desa Banyuajuh telah terlihat dari aspek yaitu cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, semangat rela berkorban, persatuan dan kesatuan, berjiwa pembaruan tidak kenal menyerah dan sikap tenggang rasa sesama manusia. Strategi sekolah dalam meningkatkan sikap nasionalisme adanya peran pendidikan karakter melalui pengembangan diri, pembelajaran dan budaya sekolah. Peran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa dengan memfokuskan pada pembentukan karakter, sikap, dan moral. Guru juga berperan penting dalam pembelajaran dengan pembentukan sikap, moral, dan karakter pada siswa agar dapat mencintai tanah air dan menjadi warga negara yang baik.
AbstractionThe aim of this study is to know the nationalism in elementary school students and school strategy in increasing nationalism. PKn subject has an important role in increasing students’ nationalism. This study is an deskritif qualitative research which has an aim to find and dig the nationalism in elementary school students. The subjects of this study are the headmaster, the teachers, and the students. Technique of collecting data uses interview sheet, observation and documentation. The results of this study show that the nationalism in elementary school students is strong because it has been done well in school. The nationalism in students of elementary school at Banyuajuh Village has been seen from the aspect, such as patriotism, appreciate the services of the hero, spirit of sacrifice, unity and integrity, reform-minded which never gives up, and tolerance. School strategy in increasing the nationalism is by applying the role of character education through self-development, learning and school culture. The role of PKn subject in increasing students’ nationalism is by focusing on the character, attitude, and moral building. Teachers also have an important role in teaching character, attitude, and moral building to students in order to the students can love their homeland and become good citizens.