Detail Karya Ilmiah

  • KORELASI POLA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA (Studi Deskriptif pada Kelas V SD Negeri Banyuajuh 2 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016)
    Penulis : DIANDINI TIARA ARDWIYANTI
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Diandini Tiara Ardwiyanti. 2016. Korelasi Pola Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas V SDN Banyuajuh 2 Kamal Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Drs. Harun Al Rasyid M.Si. Pembimbing II Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola pendidikan dalam keluarga terhadap karakter sosial siswa. Penelitian dilakukan di SDN Banyuajuh 2 Kamal Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan angket. Sampel yang digunakan adalah 19 siswa kelas V SDN Banyuajuh 2 yang orang tuanya menerapkan pola pendidikan demokratis dan otoriter. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis korelasi berganda menunjukkan bahwa nilai uji F pengujian signifikasi secara simultan Fhitung (4,27) > Ftabel (3,63)maka Ho ditolak, sehingga diambil keputusan bahwa Ha diterima. Dengan demikian artinya terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara pola pendidikan dalam keluarga terhadap karakter sosial siswa kelas V SDN Banyuajuh 2 Kamal Bangkalan dan kontribusi yang disumbangkan sebesar 34,81%. Sedangkan nilai uji F pengujian signifikasi secara parsial untuk pola pendidikan demokratis Fhitung (4,26) ? Ftabel (4,45) maka Ho diterima dengan nilai Adjusted R Square sebesar 20,04% dan untuk pola pendidikan otoriter Fhitung (8,66) ? Ftabel (4,45) maka Ho ditolak dengan nilai Adjusted R Square sebesar 33,75%. Kata Kunci: Pola Pendidikan dalam keluarga, Demokratis, Otoriter, Karakter Sosial.

    Abstraction

    Diandini Tiara Ardwiyanti. 2016. The correlation Pattern of education within the family to the Social character of V Grade in Elementary School Banyuajuh 2 Kamal Bangkalan. Thesis, Primary School Teacher Education study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (1) Drs. Harun Al Rasyid M.Si, (2) Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is about to describe the relationship of patterns of education within the family to the social character of the students. This research conducted at the Elementary School Banyuajuh 2 Kamal Bangkalan. This research is descriptive research with quantitative analysis, with data collection using question form. The sample used is 19 students of V grade in Elementary School Banyuajuh 2 whose parents applying democratic and authoritarian education pattern. Analytical tools used in this study is the analysis of multiple correlation. The results of research using multiple correlation analysis showed that the value of F-test the significance of the simultaneous Fhitung (4.27) > Ftabel (3.63) then the Ho is rejected, so the decision was taken that the Ha is received. Thus it means there is a significant relationship between simultaneous education patterns in the family to the social character of V grade in Elementary School Banyuajuh 2 Kamal contributions that had been earmarked for 34,81%. While testing the significance of F-test values are partial to a pattern of democratic education Fhitung (4.26) ? Ftabel (4.45) then the Adjusted value is accepted with Ho R Square 20.04% and amounted to a pattern of authoritarian education Fhitung (8.66) ? Ftabel (4.45) then Ho denied value Adjusted R Square of 33.75%. Keywords: Pattern of Education Within The Family, Democratic, Authoritarian, Social Character.

Detail Jurnal