Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATERI JENIS-JENIS TANAH TERHADAP SISWA KELAS V SDN KOWEL III PAMEKASAN
    Penulis : APRI YUSRIYATUS SYADIDAH
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Syadidah, Apri Yusriyatus. NIM: 110611100066 “Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Materi Jenis-Jenis Tanah Terhadap Siswa Kelas V SDN Kowel III Pamekasan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Dosen pembimbing I adalah Badrud Tamam, S.Si., M.Pd. dosen pembimbing II adalah Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran yang tidak monoton dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menarik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi dapat digunakan dalam beberapa mata pelajaran, salah satunya adalah mata pelajaran IPA pada materi jenis-jenis tanah yang meliputi komposisi tanah dan jenis tanah berdasarkan ciri-cirinya pada tingkat SD kelas V. Penelitian ini melakukan dua demonstrasi, yang pertama yaitu demonstrasi komposisi tanah dan yang kedua yaitu jenis tanah berdasarkan ciri-cirinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif. Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kowel III Pamekasan. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan lembar tes hasi belajar. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada materi jenis-jenis tanah dikatakan efektif apabila 3 dari 4 indikator tercapai yaitu, angket respon siswa, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai hasil angket respon siswa 100% dengan kriteria sangat kuat, keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai 83,33% dengan kriteria tinggi, aktivitas siswa mendapat nilai 86,57% dengan kriteria sangat aktif dan tes hasil belajar yaitu 90% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada metri jenis-jenis tanah dikatakan efektif. Kata kunci: metode demonstrasi, jenis-jenis tanah, hasil belajar, respon siswa, aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran

    Abstraction

    ABSTRACT Syadidah, Apri Yusriyatus. NIM: 110611100066 “The Effectiveness of Learning Methdos Semonstrasion on Soil Type Material to Students of Class V SDN Kowel III Pamekasan”. Thesis. Elementray School Teacher Study Program. The Faculty of Teacher Training and Education. University of Trunojoyo Madura. Adviser I is Badrud Tamam, S.Si., M.Pd. Adviser II Is Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd Learning is not monotonous can be done in various ways such as using the strategies, methods and media interesting learning. One of the methods that can be used is the method of demonstration. Demonstration method can be used in some subjects, one of which is the science subjects the material soil types covering the soil composition and soil types based on their characteristics at grade V. This study conducted two demonstrations, the first is a demonstration of soil composition and the second is the type of soil based on its characteristics. This research was done by using descriptive quantitative research design. The subjects were students of class V SDN Kowel III Pamekasan. This research was conducted in February-March 2015. The research instrument in the form of student questionnaire responses, sheets feasibility study, student activity sheets and achievement test. Learning method demonstration on the types of soil material is said to be effective if 3 out of 4 indicators achieved specifically, student questionnaire responses, feasibility study, student activities and achievement test. Based on the results obtained by the value of the student questionnaire responses of 100% with a very strong criteria, feasibility study with a value of 83.33% with a high criteria, activity of students scored 86.57% with a very active criteria and the achievement test that is 90% with the criteria very well. Therefore, learning methods demonstration on the discussion of the types of soil to be effective. Keywords: methods demonstration, soil types, learning outcomes, response student, student activities and feasibility study

Detail Jurnal