Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Demangan 1 Bangkalan
    Penulis : Fairulita Putri Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III pada materi sumber daya alam dan pelestariannya. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sampel jenuh yaitu kelas III A dan III B SDN Demangan 1 Bangkalan. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil analisis uji-t menggunakan sampel berkolerasi maka diperoleh hasil belajar posttest diperoleh thitung = -4,552 dan ttabel = 2,045 dengan krteria pengujian -ttabel ? thitung ? ttabel (?/2) ,berarti - 2,045 > -4,552 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf ? = 0,05. Apabila data tidak normal maka, analisis data yang akan digunakan uji non parametrik yaitu uji wilcoxon Zhitung = -6,59 dan Ztabel = 0.00. Dan perolehan hasil Posttest kelas eksperimen diperoleh 27 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas sedangkan pretes kelas eksperimen yaitu 14 siswa tuntas dan 16 siswa tidak tuntas. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III pada meteri “sumber daya alam dan pelestriannya”. Kata Kunci : Media, Berbasis Kontekstual, Hasil Belajar

    Abstraction

    ABSTRACT This research is for knowing wheter there is a influence of using media based contextual for student’s learning outcomes of science at SDN Demangan 1 Bangkalan, about natural resources and how to conserve them. This quantitative research uses Quasi Experemental Design method. Which use equivalent control group design with saturated sample they are grade IIIA and IIIB of SDN Demangan 1 Bangkalan. Data collection of student’s learning outcomes uses test and observation sheet. Test analysis result –t uses correlation sample. Therefore post test learning outcomes reaches thitung = - 4,522 and ttabel = 2,045 with test criteria –ttabel ? thitung ? ttabel (?/2). Those mean -2,045 > - 4,522, so Ho is refused and Ha is accepted with ? = 0,05. If the data is not normal then, the analysis of data to be used is uji wilcoxon Zhitung = -6,59 dan Ztabel = 0.00 and student’s post test of learning outcomes for experiment class, 27 student are not succeed, while pre-test of experiment class is 14 students succeed and 16 students not succeed. Therefore, this research cocludes that there is an influence of using media based cotextual for studen’t learning outcome of science at SDN Demangan 1 Bangkalan about “ natural resources and how to conserve them”. Keywords : Media, Based Contextual, Learning Outcomes

Detail Jurnal