Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Laili Hidayatul A’yun. NIM 110611100058. Tingkat Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) untuk Mengingkatkan Kemampuan Berbahasa, Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Lambangkuning 2 Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Sulaiman, S. Pd, M.Pd, pembimbing II M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRAK Bahasa Indonesia adalah bahasa komunikasi secara nasional. Pembelajaran bahasa Indonesia mempunyai peranan sangat fundamental guna mengasah kemampuan berbahasa siswa yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Sehingga pendidik harus mempersiapkan model dalam pembelajaran yang inovatif, efektif, dapat menumbuhkan keaktifan dalam proses belajar, serta meningkatkan kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif di SDN Lambangkuning 2 Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan wawancana, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah efektif dengan unsur-unsur yang telah dipenuhi dan didapatkan tingkat kemampuannya adalah 38,14 sehingga digolongkan pada tingkat “Great” atau hebat. Kata Kunci : TGT, kemampuan berbahasa, efektivitas

    Abstraction

    Hidayatul A’yun, Laili. NIM 110611100058. The Effectiveness Level of The Using of TGT (Team Games Tournament) Cooperative Teaching Learning Model in Improving Speaking Ability, A Case Study of Sixth Grade Students at SDN Lambangkuning 2 Kertosono, Nganjuk. Thesis. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education Science, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Sulaiman, S. Pd, M.Pd, advisor II M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRACT Bahasa is a national language of Indonesia. Learning about Bahasa has a fundamental role in improving students’ speaking ability which includes listening skill, speaking skill, reading skill, and writing skill. Therefore, the teacher must prepare an effective and innovative teaching learning model which can grow the activeness in teaching learning process and improve the speaking skill of the students in primary school. This study uses descriptive qualitative method at SDN Lambangkuning 2 Kertosono, Nganjuk. The subject of this study is sixth grade students. Data collection instrument uses interview, observation, and documentation study. Data analysis uses descriptive qualitative analysis technique. Based on the results of the study, it can be concluded that the effectiveness level of the using of TGT cooperative teaching learning model in learning about Bahasa is effective with the fulfilled elements and the gained ability level is 38,14, so that it is classified in the level of “Great” or intelligence. Keywords: TGT, Speaking Ability, Effectiveness.

Detail Jurnal