Detail Karya Ilmiah

  • PEMAHAMAN CERITA DALAM KEMAHIRAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN MLAJAH 02 BANGKALAN
    Penulis : WHINAR ALIVIA GHARIZZA
    Dosen Pembimbing I : Haniā€™ah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemahiran serta pemahaman siswa kelas V-B di SDN Mlajah 02 Bangkalan.Dengan dilaksanakannya penelitian ini dapat diketahui tingkat kemahiran membaca siswa.Siswa yang berkategori cepat, sedang, lambat, dan sangat lambat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data yang diperoleh dari hasil penelitian di deskripsikan pada bab IV hasil dan pembahasannya. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN Mlajah 02 Bangkalan.Untuk mendapatkan data yang di inginkan, peneliti menggunakan beberapa isntrumen. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes kemampuan membaca dan dokumentasi foto sebagai bukti bahwa peneliti telah melakukan penelitian. Peneliti menggunakan stopwatch untuk mengukur kecepatan membaca siswa.Wacana yang digunakan bertemakan kepahlawanan dengan jumlah 239 kata.Kemahiran siswa dalam membaca dapat diketahui setelah peneliti melakukan tes kemampuan membaca pada setiap siswa. Ketika proses membaca cepat berlangsung, peneliti juga melakukan observasi dengan tujuan agar mengetahui perilaku yang siswa lakukan ketika membaca cepat. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa dari 28 siswa, hanya ada 5 siswa yang mencapai kategori membaca cepat, 3 siswa berkategori sedang, 10 siswa yang berkategori lambat, dan yang terakhir berjumlah 10 orang yang berkategori sangat lambat. Sedangkan mengenai pemahaman cerita, peneliti telah ,menyiapkan soal yang berkaitan dengan bacaan. Siswa yang nilai pemahamannya mendapatkan 80-100 dinyatakan memahami isi cerita.Untuk kelima siswa membaca cepat, nilai pemahamannya memenuhi kriteria bahwa siswa tersebut dapat membaca cepat dengan pemahaman yang baik. Kata kunci: Pemahaman cerita, Kemahiran Membaca Cepat

    Abstraction

    This study is concerned to give a better knowledge about the understanding of fifth grade students in Mlajah 02 elementary school Bangkalan. This study also can give a result of student that can read with average speed, slow and fast reading. From this study, there are many student attitude which can affect to their reading speed. This study is using quantitative method since the result of data described in chapter IV along with the discussion. The object of the study is fifth grade studenst in Mlajah 02 elementary school Bangkalan. The writer used some instruments to complete her study. This study uses instruments that consist of observation, interview, reading capability test and photo documentation as proof which can prove the writer already conducted the research. The writer also uses stopwatch to measuring the reading speed of the students in Mlajah 02 elementary school. The student read a text about heroism which contain 239 words. The reading speed of the student can be known after the writer do the reading capability test on every fifth grade students in Mlajah 02 elementary school. While the reading capability test is being held, the writer also do observation that has a purpose to know the attitude of the student while do reading fast. From the result of the study, it concludes that from 28 students, there are only 5 students that can do fast reading, 3 students categorized as reading with average speed, 10 students categorized as reading with slow speed and the last, 10 students categorized as reading with slowest speed. The writer also prepared some questions about the text in order to know their understanding skill about the text. The student that get score 80-100 are the student that already known the story of the text. The five students that can reading fast also have excellent score in understanding skill which can read fast and understand the story of the text very well. Keywords: Understanding the story, Reading Fast Skill

Detail Jurnal