Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS 2 SDS MUHAMMADIYAH 01 BANGKALAN
    Penulis : Nining Pratiwi
    Dosen Pembimbing I : Haniā€™ah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wahid khoirul ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan penggunaan tanda baca dalam membaca nyaring dan hambatan-hambatan dalam penerapan serta menemukan solusi penyelesaian masalahnya. Kegiatan tersebut sangat berguna bagi peserta didik agar membaca dengan tepat dan benar. Penelitian ini juga berkontribusi untuk memberikan solusi pemecahan masalah yang sering kali dipermasalahkan oleh guru. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II di SDS Muhammadiyah 01 Bangkalan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca, pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan April 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini secara luas digambarkan dalam deskripsi bagaimana penerapan tanda baca dalam membaca nyaring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa data hasil observasi/ pengamatan secara berturut-turut selama berlangsungnya proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh peneliti selaku observer, kemudian penelitian ini juga menggunakan pedoman hasil wawancara secara terstuktur dan mendalam yang dilakukan pada guru kelas dan beberapa siswa kelas II untuk mendapatkan data yang sesungguhnya dan memperoleh hasil yang maksimal. Setelah dilaksanakan observasi dan wawancara maka dapat diketahui penyebab utama yang paling banyak ditemukan pada diri siswa adalah ketidak lancaran beberapa siswa yang memang sangat disayangkan untuk proses kelancaran pembelajaran percaya diri siswa. Kata kunci: Tanda Baca, dan Membaca Nyaring

    Abstraction

    This research to determine how the application use of punctuation in reading aloud and obstacles in the implementation of the settlement of the problem and find solutions. The activity was very useful for the students to read accurately and correctly. This study also contributes to provide solutions to problems that are often disputed by the teacher. This study was performed in class II in SDS Muhammadiyah 01 Bangkalan on Indonesian subjects on aspects of reading, the implementation of this study began in April 2015. This research uses descriptive qualitative research approach. This study was widely described in the description of how the application of punctuation in reading aloud. Instruments used in the study is data on the observation / observation in a row during the learning process in classes conducted by researchers as an observer, then this research using the guidelines results in a structured and in-depth interviews were conducted on classroom teachers and some students of class II to obtain real data and obtain maximum results. Having conducted observations and interviews it can be seen that the main cause of most commonly found in the students is the lack of launch several students were indeed very unfortunate for the smooth process of learning confident students. Keywords: Punctuation, and Reading Aloud

Detail Jurnal