Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN PENDEKATAN SAVI DALAM KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus Siswa Kelas II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan)Penulis : Devin Anike PutriDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan media boneka tangan dengan pendekatan SAVI pada keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam bercerita kelas II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas II SDN Palengaan Daya 1 sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi aktivitas guru dan siswa, kuisioner respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media boneka tangan dengan pendekatan SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan bercerita. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI menunjukkan siswa lebih mudah untuk bercerita didepan kelas dengan media boneka tangan. Kemampuan siswa menggunakan media boneka tangan dengan pendekatan SAVI juga berpengaruh sangat baik terhadap hasil belajar bercerita siswa kelas II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan. Aktivitas siswa menunjukkan bahwa siswa sangat senang dan aktif belajar menggunakan media boneka tangan dengan pendekatan SAVI sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik hingga akhir pelajaran. Berdasarkan lembar kuisioner respon siswa tentang pembelajaran menggunakan media boneka tangan dengan pendekatan SAVI dapat memotivasi siswa dalam bercerita. kata kunci : penerapan boneka tangan, pendekatan SAVI, keterampilan bercerita
AbstractionThe purpose of this study were (1) To know about the Implementation of the hand puppets media in storytelling skills with SAVI approach to class II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan (2) To know about the ability to tell the story of class II students SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan. This study used a descriptive qualitative approach. The study was conducted in the class II SDN Palengaan Daya 1 thst counted 29 students. The Methods of data collection using observation method of teacher and students activity, student response questionnaires, interviews, and documentation. The results showed that the application of a hand puppet media with SAVI approach effectively used in learning skills of storytelling. Learning by showing students SAVI approach is easier to tell in front of the class with a hand puppet media. The ability of students to use hand puppets media with SAVI approach is also very good effect on learning outcomes of students of class II SDN Palengaan Daya 1 Pamekasan. Student activity shows that the students are very happy and active learning using a hand puppet media with SAVI approach to teaching and learning goes well until the end of the lesson. Based on the questionnaire sheet student response on learning using a hand puppet media with SAVI approach can motivate students in storytelling. Keywords: hand puppet implementation, SAVI approach, storytelling skills