Detail Karya Ilmiah
-
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SASTRA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada 4 SDN di Kelurahan Bancaran Kecamatan Bangkalan)Penulis : Misbahul HudaDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.PdAbstraksi
Misbahul Huda. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Anak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada 4 SDN di Kelurahan Bancaran Kecamatan Bangkalan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Ira Fatmawati, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang dan dilaksanakan pada 4 Sekolah Dasar di Kelurahan Bancaran Kecamatan Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan proses pembelajaran sastra anak dalam penerapan nilai moral pada siswa di Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi pembelajaran yang merupakan instrumen inti dan juga wawancara dan observasi sebagai instrumen pendukung. Uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan triangulasi data. Data yang didapatkan dari reduksi, penyajian dan verifikasi data yaitu secara tidak langsung telah memiliki pengaruh terhadap perilaku siswa, hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa ketika menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai moral ketika diberikan penanaman moral melalui karya sastra oleh guru. Hasil dari proses pembelajaran yang dipaparkan dalam melakukan observasi penelitian menujukkan pembelajaran banyak mengunakan metode ceramah dan demonstrasi. Kemudian, dalam penggunan media pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajatan masih sangat kurang diterapkan oleh guru. Kata kunci: sastra anak, nilai moral, pembelajaran sastra anak.
AbstractionMisbahul Huda. 2016. Implementation of teaching children's literature at indonesian lesson in the elementary school (Case study 4 Bancaran Village Elementary School in District of Bangkalan subdistrict). A Thesis, Elementary School Teacher Education Study program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Advisor II: Ira Fatmawati, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is a descriptive qualitative research that try to descrip indication, incident happen nowdays and it is held in the 4 elemntary school in the Bancaran district, Bangkalan subdistrict. This purpose of this research is to know the impact and process of literature learning to children in implementation of moral values to students of elementary school. The data collection in this research uses observation learning that is main instrument, and also interview, ibservation as supporter instrument. The credible data test or result trust of qualitative research data is done with triangulation data. Data gotten from reduction, presentation, data verification undirectly had effects to students behavior, it can be viewed from student understanding when tey show behavior suitable with moral values when they are given moral planting throught leterature creation by teacher. The result of learning process presented in the observation research shows that learning uses lecture and demontration method. Than using learning media, learning method, and learning evaluation applyed by teacher are so less. Keywords: children's literature, moral values, learning children's literature.