Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Lagu Pembelajaran Materi Pantun sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
    Penulis : Hidayatul Ilmiyah
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan langkah-langkah pengembangan lagu pembelajaran materi pantun dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan lagu pembelajaran materi pantun. Tahap pengembangan lagu pembelajaran terdiri dari 18 langkah, yaitu diagnosa awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran, menyusun teks lirik lagu, merancang aransemen lagu, rekaman suara, menggabungkan aransemen lagu dengan hasil rekaman, produksi lagu tahap awal, membuat buku panduan penggunaan media, validasi ahli, revisi produk awal, uji coba kelompok kecil, revisi produk I, uji coba kelompok besar, revisi produk II, dan publis lagu pembelajaran. Hasil uji kelayakan pengembangan lagu pembelajaran materi pantun sebagai berikut. (1) penilaian ahli materi, ahli media, dan guru kelas mendapat persentase ?75% (layak); (2) persentase tanggapan siswa ?76% (baik); dan (3) hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar diperoleh nilai di atas target yang ditentukan dengan nilai 86,6 (sangat baik). Hal ini menyatakan bahwa lagu pembelajaran materi pantun telah layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: pembelajaran, lagu pembelajaran, media pembelajaran, pantun, pengembangan lagu

    Abstraction

    The research and development research objective is to develop learning songs and rhymes material step by step to determine learning materials song rhyme. The learning song development step consists of 18 steps that is early diagnosis, student analysis, task analysis, concepts analysis, the specification of learning objectives, lyrics text compose, song arrangements design, sound recording, combines the recorded with arragements, first step song production, makes song media guide books, validation from the expert, first product revision, small group trial, Product revise I, large group trials, product revise II, and publis the learning song. The result of the feasibility of developing learning songs that have been performed are (1) material specialist scoring, media specialists and the teacher percentage is ?75% with good criteria; (2) the percentage of student responses ranging from 76% - 100% with good criteria; (4) student learning outcomes in a large group obtain an average value of 86.6 with a predicate overall excellent and has met the qualification of the specified indicators of success that is ?76. This suggests that rhyme song learning material has been fit for use as a medium of learning Indonesia to fourth grade of elementary school students. Keywords: learning, learning songs, learning media, rhymes, development track

Detail Jurnal