Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMANFAATAN TUTUP BEKAS KALENG SUSU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS 2 SDN KESEK 1 KECAMATAN LABANG
    Penulis : Ulfiyatul Bustoniyah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi experimental design, penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Kesek 1 Labang yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PAKEM menggunakan media Tutup Bekas Kaleng Susu terhadap hasil belajar matematika siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) persentase rata-rata hasil validasi tes hasil belajar yaitu 83%, dan persentase rata-rata hasil validasi RPP yaitu 81%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran sangat layak digunakan, 2) Ada pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu berdasarkan hasil penghitungan uji t, maka diperoleh nilai thitung sebesar 5,417. Dengan ttabel = t(?/2 ,n-2) = 2,120. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media TBKS matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Kesek 1 Labang. Tingkat ketuntasan siswa di kelas eksperimen yaitu 100%, sedangkan dikelas kontrol yaitu 90%, Dapat disimpulkan siswa di kelas eksperimen (Pembelajaran dengan pemanfaatan media Tutup Bekas kaleng Susu ) hasil belajarnya lebih baik dibanding kelas kontrol (pembelajaran tanpa menggunakan Tutup Bekas kaleng Susu) pada Pengukuran Waktu.

    Abstraction

    This study is a kind of quantitative research by using Quasi experimental design method. It is conducted in grade II at SDN Kesek 1 Labang which contains of 36 students. The sample taking is done by random. This study is aimed to know the influence of using a media as the head of Old Milk Cans Cover to the result of mathematic study. The technique of collecting data is done by using cognitive test method. The results of the study show that the validation results are, 1) the average percentage of validation results of learning results test is 83%, and the average percentage of validation results of RPP is 81%. Thus, it can be concluded that the learning tools is very worth using, 2) There is a learning effect on the students’ mathematic learning results that is based on the result of T test calculation, it is gained that value of tcount is 5,417. With ttable= t(?/2 ,n-2) =2,120. Based on the value of tcount and ttable, it is gained that tcount > ttable which means that H0 is rejected and Ha is accepted. It shows that learning by using Old Milk Cans Cover. media gives a significant effect to the mathematic learning results of grade II students at SDN Kesek 1 Labang. The level of student mastery in the experimental class is 100%, whereas in the control class is 90%. It can be concluded that the learning results of students in the experimental class (Learning through Old Milk Cans Cover media) are better than control class (Learning without using Old Milk Cans Cover) at Time Study learning process.

Detail Jurnal