Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Materi Bunyi Pada Siswa Kelas IV SDN Banyusangka 2 Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan.
    Penulis : Yuliana
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian “Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Materi Bunyi Pada Siswa Kelas IV SDN Banyusangka 2 Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan” bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada materi bunyi. Penilaian yang dilakukan di SDN Banyusangka 2 fokus pada materi bunyi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design yang terdapat satu kelas yaitu kelas eksperimen. Instrumen utama yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 16 soal dan penilaian psikomotorik dengan aspek-aspek yaitu menyebutkan sumber bunyi, mempraktekkan (bunyi dapat bergetar) menggunakan media yang ada, memperagakan media melalui benda padat, cair dan udara, membuktikan bunyi dapat memantul. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung3,146 > ttabel2,079 dan penilaian psikomotorik dari 4 aspek tercapai dengan kategori dan nilai paling tinggi 52% dengan skor maksimum yang paling banyak 75, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci: metode demonstrasi, materi bunyi, hasil belajar

    Abstraction

    The research entitled the influence of demonstration method usage on learning outcome sound subject for fourth class students SDN Banyusangka 2 Tanjungbumi, Bangkalan aims to find out the existence of the influence of demonstration method usage on learning outcome of sound subject. The research which is conducted in SDN Banyusangka 2 focuses on sound subject of natural sciences learning. This study applies experimental research through pre-experimental design research method in one group pretest-postest design which exists in experimental class. The primary instrument used is learning outcome test with 16 tasks and psychomotoric assessment aspects; those are mentioning sound source, practicing (vibrated sound) using provided media, acting the media using solid thing, liquid, and air, proving sound which can be bounced. The hypothesis assessment is acquired the percentage thitung3,146 > ttabel2,079 and the aspect and categorization of psychomotoric assessment reach the highest percentage 52% with the highest maximum score 75. In conclusion, the use of demonstration method influences to the learning outcome. Keywords: demonstration method, sound subject, learning outcome

Detail Jurnal