Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH GAMBAR DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada Siswa Kelas III SDN Kemayoran II Bangkalan)
    Penulis : ISTI KOMAH
    Dosen Pembimbing I : Hani’ah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian “Pengaruh Gambar dalam Buku Paket Bahasa Indonesia terhadap Hasil Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar (Studi kasus pada Siswa Kelas III SDN Kemayoran II Bangkalan)” bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar dalam buku paket bahasa Indonesia terhadap hasil menulis puisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Kemayoran II Bangkalan yang berjumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tanggapan siswa terhadap gambar yang ada dalam buku paket bahasa Indonesia, tes menulis puisi menggunakan gambar, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji F untuk mengetahui adanya pengaruh dan menggunakan uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Hasil penelitian ini dari Fhitung = 27,065 > Ftabel = 4,11 maka Ha diterima. Pada uji determinasi diketahui presentase pengaruhnya sebesar 42%. Maka kesimpulannya, gambar dalam buku paket bahasa Indonesia berpengaruh terhadap hasil menulis puisi siswa sekolah dasar kelas III SDN kemayoran II Bangkalan sebesar 42%. Kata kunci: gambar, menulis puisi, bahasa Indonesia.

    Abstraction

    The purpose of the study (The Influence of Pictures in Bahasa Indonesia Textbook on the Poetry Writing Result for elementary students -a case study on elementary students of Third grade at SDN Kemayoran II Bangkalan) is to determine the influence of picture in bahasa Indonesia textbooks on students poetry writing results. The research method applied is survey. The respondents are 39 students on third grade of SDN Kemayoran II Bangkalan. The research instrument implemented are questionnaire on students responds toward picture in the bahasa indonesia textbook, poetry writing test using picture and documentation. The study applies simple linear regression analysis and F test to determine the influence possibility, while the determination test is utilized for determining the amount of the influence. The result of the study states that Fcount = 27,065 > Ftable = 4,11 which means Ha is accepted. On the determination test, the influence percentage is 42%. The conclusion is picture in bahasa Indonesia textbook influences the student poetry writing result on third grade of SDN kemayoran II Bangkalan in 42%. Key words: picture, writing a poem, bahasa Indonesia

Detail Jurnal