Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM MENDONGENG (Studi Kasus pada Siswa Kelas II SDN Kemayoran 2 Bangkalan)Penulis : ULFATUL LAIHAHDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Laihah, Ulfatul. 2016. Pengaruh Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Menggunakan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa kelas II SDN Kemayoran 2 Bangkalan dalam Mendongeng. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Ira Fatmawati, S.S., M.Pd. (2) Mujtahidin, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Menggunakan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara dalam Mendongeng (Studi kasus pada Siswa Kelas II SDN Kemayoran 2 Bangkalan)” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Wayang Kertas terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen serta menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket respon siswa, dan tes “keterampilan berbicara dalam mendongeng”, dan dokumentasi untuk pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji signifikansi dalam mengetahui adanya pengaruh serta koefisien determinan untuk mengetahui besar pengaruhnya. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa thitung = 8,8434 > ttabel = 2,074 sehingga Ha diterima. Selain itu, diketahui presentase pengaruhnya sebesar 78%. Maka kesimpulannya, pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara siswa dalam mendongeng 78%. Kata kunci: dongeng, wayang kertas, keterampilan berbicara
AbstractionLaihah, Ulfatul. 2016. "Effects Learning Indonesian Language dan Literature of Using Paper Wayang Media Students Against Speaking Skills class II SDN Kemayoran 2 Bangkalan in Storytelling". Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty Science Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor: (1) Ira Fatmawati, S.S., M.Pd. (2) Mujtahidin, S.Pd., M.Pd ABSTRACT The purpose of the study, entitled "Effects Learning Indonesian Language dan Literature of Using Paper Wayang Media Students Against Speaking Skills class II SDN Kemayoran 2 Bangkalan in Storytelling" which aims to determine the effect of media on the Paper Puppet students speaking skills. This research uses experimental research and using research tools such as observation sheets, student questionnaire responses, and test “speaking skills in storytelling” and documentation for data collection. This study uses the entire population as the study sample. This study uses a simple linear regression analysis techniques and test significant (t-test) in knowing the influence as well as a large determinant coefficient to determine the influence. This study found that the results of t = 8.8434> t table = 2.074 so that Ha is accepted. In addition, an unknown percentage of its effect by 78%. So in conclusion, the paper puppet media influence on students' speaking skills in storytelling78%. Key words: fairy tales, puppet paper, speaking skills