Detail Karya Ilmiah
-
KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCESPenulis : JHERON ARBIANSYAHDosen Pembimbing I : Harun Al rasyid M.SiDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah S.Pd., M. Pd.Abstraksi
ABSTRAK Kecerdasan majemuk merupakan Kecerdasan yang dimiliki setiap siswa memang sangat penting sekali dikembangkan dan digali berdasarkan sikap serta prilaku yang dilakukan oleh beberapa siswa. Karena kecerdasan majemuk tersebut memang sangat membutuhkan faktor pendukung secara internal dan eksternal. Berikut akan dijelaskan secara sederhana sembilan kecerdasan majemuk berdasarkan Gardner. Setiap orang memiliki kedelapan hingga kesembilan kecerdasan, hanya saja profil tiap orang mungkin berbeda. Ada yang tinggi pada semua jenis kecerdasan ada pula yang hanya rata-rata dan tinggi pada dua atau tiga jenis kecerdasan. Sebagai seorang tenaga pendidik yang berkualitas setidaknya harus selalu menyajikan pembelajaran yang selalu kreatif dan inovatif demi memaksimalkan kecerdasan siswa secara akademik maupun non akademik Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan data wawancara, data observasi dan data dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Dalam data kualitatif juga dilakukan pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini nantinya juga akan digunakan untuk menentukan pembelajaran seperti apa yang nantinya akan digunakan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kurikulum apapun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa prosentase mengenai pemahaman tentang konsep mulltiple intelligences masih rendah, meskipun dalam upaya peningkatan mutu kualitas belajar memiliki persentase yang paling baik dan maksimal. Karena pemahaman mendapatkan persentase yang rendah, maka hal ini berdampak pada persentase penerapan konsep mulltiple intelligencespada pembelajran ilmu pengetahuan sosial yang juga rendah. Kata Kunci: Kreatifitas dan Inovasi, Pendidikan Berbasis Majemuk (Mulltiple Intelligences),Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
AbstractionABSTRACT Multiple intelligences is intelligences which every student is very important once developed and dug by the attitude and behavior of a few students. Because of multiple intelligences is indeed in dire need of supporting factors both internally and externally. The following will explain in a simple nine multiple intelligences based on Gardner. Everyone has the eighth to the ninth intelligences, only the profile of each person may be different. There are high on all types of intelligences some are just average and higher in two or three types of intelligences. As a qualified educators should at least be always present study were always creative and innovative in order to maximize the intelligences of students in academic and non-academic. Data collection techniques in research using interview data, observation data and data documentation. For data analysis using data reduction, data display and data verification. In the qualitative data also checking the validity of the data. Results from this study will also be used to determine what kind of learning that will be used in the subjects of Social Sciences on any curriculum. Based on research carried out showed that the percentage of the understanding of the concept of intelligences mulltiple still low, despite the quality improvement of quality of learning has the best percentage and maximum. Because understanding obtain a low percentage, then this affects the percentage of application of the concept of intelligences mulltiple on pembelajran social science which is also low. Keywords: Creativity and Inovation, Education Based Mulltiple Intelligences, Elementary School Social Sciences