Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASSED LEARNING) BERBASIS KETERAMPILAN DASAR SAINS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
    Penulis : Praptini
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya sikap peduli lingkungan di sekolah yang mengakibatkan lingkungan menjadi tidak sehat. Peduli lingkungan merupakan salah satu dari 18 nilai karakter bangsa yang harus diterapkan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis Keterampilan dasar sains terhadap sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design dengan One Group Pre test-Post test Design. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier dengan persamaan linier Y = 9.4 + 1.1X. Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikansi didapatkan hasil thitung>ttabel sehingga terbukti bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran PBL berbasis keterampilan dasar sains terhadap sikap peduli lingkungan. Dibuktikan pula dengan hasil perhitungan T Score. Jika T Score > 50, maka sikap siswa positif terhadap lingkungan. Dari hasil perhitungan T-Score menunjukan peningkatan jumlah siswa yang memiliki T-score positif. Dari hasil pre-test hanya satu siswa yang memiliki sikap peduli lingkungan positif, dan pada post-test terjadi peningkatan yaitu 10 orang yang memiliki sikap positif. Agar sikap peduli lingkungan siswa dapat meningkat, maka diperlukan kerjasama berbagai pihak agar anak-anak senantiasa mencintai lingkungan. Kata Kunci : pembelajaran, PBL, dan sikap peduli lingkungan

    Abstraction

    The background of the study is the low of environmental care at school that caused the unhealthy environment. The purpose of the study is to determine the influence of pbl learning model (problem based learning)based on science basic skill on environmental care attitude. The study applies quantitative approach with the pre-experimental design and one group pre test-post test design. The study is analyzed by using linear regression with linear equation of Y = 9.4 + 1.1X. Based on the result of significance test measurements, it obtains a result of tcount > ttable. Therefore, it is proved that there is an influence between PBL learning based on science basic skill and environmental care attitude. The evidence is also shown in the calculation of T Score. If T Score > 50, means the students attitude is positive toward environment. Based on the calculation of T Score, it states the improvement of total number on students that have positive awareness on environment, while the post-test also shows the improvement; 10 students indicates a positive attitude toward environment. Good cooperation from any sides is expted in order to make children love their environment. Keywords: learning, PBL, and environmental care attitude.

Detail Jurnal