Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF
    Penulis : Eka Putri Yully
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramasyah
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual (Video) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Karangan Narasi Sugestif (Studi pada Siswa Kelas IV SDN Sidoharjo 1 Lamongan Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015)” bertujuan untuk mengetahui apakah media audio visual berupa penanyangan video efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi sugestif, penelitian dilakukan di SDN Sidoharjo 1 Lamongan fokus pada siswa kelas IVA dan IV B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen, metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelomok yang tidak dipilih secara acak atau random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes hasil menulis karangan narasi sugestif. Sedangkan instrumen penunjangnya observasi dan angket respon. Data hasil tes siswa dianalisis dengan uji statistik. Hasil analisis data uji hipotesis menggunakan uji-t terhadap nilai posttest kedua kelas, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol yang menyatakan bahwa H0 ditolak. Maka pembelajaran menggunaan media audio visual berupa video lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media audio visual pada materi menulis karangan narasi sugestif kelas IV SDN Sidoharjo 1 Lamongan. Kata Kunci : Media Audio Visual, Menulis Karangan Narasi Sugestif, SDN Sidoharjo 1 Lamongan

    Abstraction

    ABSTRACT The study of “The Effectiveness of Using Audio Visual Media (Video) in Teaching Indonesia Language on Writing Suggestive Narrative Essay ( Study on Students Class IV SDN Sidoharjo 1 Lamongan Semester II Academic Year 2014/2015)” aims to discover whether audio visual media by viewing effective video used in this teaching Indonesia language of writing narrative suggestive essay’s material. This study is conducted in SDN Sidoharjo 1 Lamongan, focused on students class IV A and IV B. This study is a quantitative study. The type of this study is experimental study, the study method used is Quasy Experimental Design which design is Non-Equivalent Control Group Design. This design has two groups which do not randomly choose or random, then they’re given pre-test to know the beginning condition if there is a distinction between experimental group and control group. The main instrument used is the result test of writing suggestive narrative essay. While the supporting instruments are observation and response through questionnaire. The result of student’s test are analysed by statistical testing. The data analysis of hypothesis test uses t-test towards the post-test grade of both classes, either experimental class or control class convey that H0 is refused. So, the use of audio visual media in the form of video is more effective than teaching which does not use audio visual media on writing suggestive narrative essay material of class IV SDN SidoharjoLamongan. Keywords: Audio Visual Media, Writing Suggestive Narrative Essay, SDN Sidoharjo 1 Lamongan.

Detail Jurnal