Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru Dalam Melestarikan Tari Tradisional Madura (Studi Kualitatif di SDN Pandian V Sumenep)
    Penulis : Qurrati 'Aini
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Qurrati ’Aini. 2016. Peran Guru Dalam Melestarikan Tari Tradisional Madura (Studi Kualitatif di SD Negeri Pandian V Sumenep). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (I) Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si, (II) Ira Fatmawati, S.S., M.Pd. Era globalisasi menyebabkan menurunnya minat generasi muda terhadap kebudayaan daerah. Mayoritas generasi muda kini lebih menyukai tari modern dari pada tradisional yang merupakan warisan budaya yang menjadi identitas suatu bangsa. Maka dari itu, perlu dilakukan pelestarian tari tradisional. Pelestarian tersebut salah satunya dapat dilakukan dalam dunia pendidikan. Guru memegang peranan penting dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam melestarikan tari tradisional di SDN Pandian V Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat peran guru dalam melestarikan tari tradisional di SDN Pandian V. Pelestarian tersebut dilakukan melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Guru juga memotivasi siswa yang memiliki minat terhadap tari tradisional untuk belajar di sanggar tari. Ada dua sanggar tari terdekat dengan sekolah tersebut. Pertama, Sanggar Tari Pottre Koneng yang 65% muridnya usia sekolah dasar dan 24 anak adalah murid SDN Pandian V. Kedua, Sanggar Tari Neter Kolenang yang memiliki 60% murid sekolah dasar dan 2 anak adalah murid SDN Pandian V. Kata Kunci: Peran Guru, Tari Tradisional Madura

    Abstraction

    ABSTRACT Qurrati ’Aini. 2016. The Teachers’ Role in Preserve Madura Traditional Dance (Qualitative Studies at SD Negeri Pandian V Sumenep). Undergraduate Thesis, The Education of Elementary Teacher Department, Faculty of Education Science, Trunojoyo University of Madura. Advisors: (I) Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si, (II) Ira Fatmawati, S.S., M.Pd. Globalization era cause the decrease of young generations’ interest in regional culture. Most of young generations now prefer modern dance than traditional which is cultural heritage that become the identity of nation. Therefore, it’s necessary doing the preservation of traditional dance. The one of way can be done in education world. Teachers have an important role in the success of education. This research aimed to describe the teachers’ role in preserve traditional dance in elementary school. It is done in SDN Pandian V Sumenep. This is a descriptive qualitative research. Data were collected by interview, observation and documentation technique. Data Analysis was carried out by three steps, namely data reduction, display data, and verification. The validity test of data is done by data triangulation and discussions with colleagues. Based on the analysis result, it can take conclusion that there’s the role of teachers in preserve traditional dance at SDN Pandian V. The preservation is done via curricular, co-curricular and extracurricular activities. Teachers also motivate students that have an interest in traditional dance to study at dance studio. There are two studios that are near with the school. First, Sanggar Tari Pottre Koneng 65% elementary students and 24 children are the students of SDN Pandian V. Second, Sanggar Tari Neter Kolenang that has 60% elementary students and 2 children are students of SDN Pandian V. Keywords: Teacher’s role, Traditional Dance

Detail Jurnal