Detail Karya Ilmiah
-
STUDI PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SEKOLAH PADA SISWA SDN BANCARAN 1 BANGKALANPenulis : YENY DAMAYANTI BARIROHDosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M. SiDosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M. SiAbstraksi
Anak usia Sekolah Dasar merupakan usia yang tepat untuk di tanamkan tentang cara berperilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, agar sejak kecil mereka dapat membiasakan hidup bersih dan sehat dengan baik. Untuk itu penanaman tentang cara berperilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dapat di berikan melalui materi pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Bancaran 1 dan peran pendukung siswa dalam menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Bancaran 1 di sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Sampel sumber data dipilih secara snowball sampling. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Bancaran 1 Bangkalan sudah baik. Ketercapaian indikator yang ada di sekolah maupun indikator dalam materi pelajaran IPA dapat siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Namun ada sebagian siswa yang masih belum menerapkannya, seperti mencuci tangan sebelum makan, menggunakan kamar mandi yang bersih dan mengkonsumsi jajanan sehat dan bersih di kantin sekolah. Peran pendukung dari masyarakat sekolah khususnya guru kelas dan orang tua yang menjadi pendukung siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dengan baik. Kata Kunci : penerapan, PHBS di sekolah, pelajaran IPA
AbstractionElementary school age children is the right age to cultivate on how to behave in a clean and healthy living in schools, so that they can get used since childhood to keep clean and healthy living well. For that planting on how to behave clean and healthy living in school, this can provide through material science lessons. This study aimed to determine the application of hygienic behavior and healthy from students of SDN Bancaran 1 and a supporting role in cultivating students' hygienic behavior and healthy from students of SDN Bancaran 1 in school. This type of research is qualitative descriptive. Data collection was done by interviews, observation, documentation, and triangulation. Sample data source selected by snowball sampling. Based on the results of this study concluded that, application of a clean and healthy life behavior of students SDN Bancaran 1 Bangkalan already good. Achievement indicators in school and indicators in the material science lessons students can apply in everyday life well. However there are some students who still do not apply, such as washing hands before eating, using the bathroom were clean and consume healthy snacks and clean in the school cafeteria. The supporting role of the public school classroom teachers and especially parents who support students in a clean and healthy life behavior at school wel. Keywords: Application, PHBS in schools, science lesson