Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Pejagan 6
    Penulis : Hidayatus Sofyanti
    Dosen Pembimbing I : Hani'ah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Menulis karangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Melalui karangan siswa dapat menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan. Akan tetapi tidak semua siswa dengan serta merta memiliki kemampuan bahasa yang baik sehingga untuk melatih mengembangkan kemampuan menulis tersebut disiasati dengan menggunakan media gambar seri. Sedangkan kecerdasan visual-spasial (kemampuan berimajinasi melalui gambar atau kemampuan menikmati serta memvisualisasikan gambar) yang dimiliki siswa juga berbeda-beda. Untuk itu, dilakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri siswa kelas III SDN Pejagan 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pejagan 6. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III SDN Pejagan 6. Jika kecerdasan visual-spasial yang dimiliki siswa meningkat, maka kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri siswa juga akan meningkat. Kata kunci: bahasa, menulis karangan, kecerdasan visual-spasial

    Abstraction

    Making composition is one of ways to develop language skill. Through composition, students are able to express ideas into writing. But not all students unconsciously have good language skill so that training that writing skill can be tricked by using image series media. While visual-spatial intelligence (imaginative skill through images or skill of enjoying also visualizing pictures) which is belong to students are vary. Because of that, this study was conducted related to the influence of visual-spatial intelligence towards writing simple composition based on image series. This study aims to clarify how is the influence of visual-spatial intelligence towards writing skill of making simple composition based on image series for the third year students of SDN Pejagan 6. This study used quantitative approach with observation research design. The object of this study are the third year students of SDN Pejagan 6. Data collection was conducted by using observation technique, questionnaire, test, and documentation. The result of this study showed that there was positive influence of visual-spatial intelligence towards writing skill of making simple composition based on image series for the third year students of SDN Pejagan 6. If the students’ intelligence was develop, it meant that students’ writing skill of making simple composition based on image series would be develop too. Keywords: language, making composition, visual-spatial intelligence

Detail Jurnal