Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KEGIATAN MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN KEMAYORAN 2 BANGKALANPenulis : AINANI PUTRI TARMIANADosen Pembimbing I : Hani’ah, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dibimbing untuk dapat mengusai satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa yaitu membaca. membaca dapat membantu siswa untuk memahami berbagai bacaan termasuk bacaan cerita anak. Dalam membaca cerita anak siswa diharapkan dapat mampu menumbuhkan minat mereka untuk terus berlatih membaca karena rasa ingin tahu yang siswa miliki. penelitian ini berjudul “Pengaruh Kegiatan Membaca Cerita Anak terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II di SDN Kemayoran 2 Bangkalan” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada kegiatan membaca cerita anak terhadap kemampuan membaca yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey serta menggunakan instrument penelitian berupa angket ”Kebiasaan membaca”, tes “kemampuan membaca” dan dokumentasi untuk pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji F dalam mengetahui adanya pengaruh serta uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa Fhitung = 12,014 > Ftabel = 4,04 sehingga Ha diterima dan dibuktikan kegiatan membaca cerita anak berpengaruh terhadap kemampuan membaca. selain itu, diketahui presentase pengaruhnya sebesar 20%. Maka kesimpulannya, kegiatan membaca cerita anak berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa sebesar 20%. Kata kunci: keterampilan berbahasa, cerita anak, kemampuan membaca
AbstractionThe learning of bahasa Indonesia includes four aspects of skill; writing, reading, speaking and listening. In the learning of bahasa indonesia, students is guided to comprehend one importand aspect in language skill, the reading. Reading can help students in understanding any material type of children stories. In reading a children story, a student is expected to be able to build their interest in keep on reading for fulfilling their curiosity needs. The study entitled “The Influence of Children Story Reading Activity on Students Reading Ability at SDN Kemayoran 2 Bangkalan has a purpose to determine the influence on children story reading activity on reading ability owned by students. The study applies survey method and research instrument in a form of reading habbit questionnaire, reading ability examination, and documentation for data collection. The study uses all population as the research samples. The study also utilizes simple linear regression analysis technique and F test in determining the influence possibility, while the determination test is used to determine the amount of influence. The result of the study shows that Fcount = 12,014 > Ftable= 4,04 indicates Ha is expected. It is proved with the children story reading activity influences the reading ability. Moreover, the percetage of influence goes as 20%. The conclusion is children story reading activity influence the student reading ability with the percentage up on 20%. Keywords: language skill, children story, reading ability.