Detail Karya Ilmiah
-
HIDDEN CURRICULUM SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus pada SD Al-Irsyad Surabaya)Penulis : Dwi Indah Fitri LestariDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S. Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Badrud Tamam, S. Si., M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hidden curriculum di SD Al-Irsyad Surabaya dalam menerapkan pendidikan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh warga di SD Al-Irsyad Surabaya. Pengambilan sampelnya menggunakan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hidden curriculum dalam budaya di SD Al-Irsyad Surabaya yang menumbuhkan karakter religius yaitu: budaya cinta Al-Quran, budaya sabtu dhuha, budaya infaq di masjid, budaya keluargaku keluargamu, budaya wudhu yang berakhlaq, budaya indahnya berjamaah, budaya ciptaan adab makan, budaya kebersihan sebagian dari iman, budaya shof sholat di depan, budaya ucapanku surgamu. Budaya yang menumbuhkan karakter disiplin yaitu: budaya senyum pagi, budaya good morning class, budaya antri, budaya tertib di kelas. Budaya yang menumbuhkan karakter cinta damai yaitu ucapan TTM, ucapanku surgaku. Budaya yang menumbuhkan karakter cinta tanah air yaitu budaya cinta tanah air. Budaya yang menumbuhkan karakter peduli sosial yaitu membantu teman, dan kami ada disaat sakit, dan keluargaku keluargamu. Budaya yang menumbuhkan karakter peduli lingkungan yaitu tepaksasi, dan kebersihan sebagian dari iman. Strategi pelaksanaan dari hidden curriculum dalam budaya sebagai upaya internalisasi pendidikan karakter adalah dengan pelaksanaan dari seluruh warga sekolah didukung dari kedua orang tua siswa juga.
AbstractionThe purpose of the study is to describe the hidden curriculum in SD Al-Irsyad Surabaya in implementing character education to students. The method applied is descriptive qualitative. The object of the study are overall members in SD Al-Irsyad Surabaya. Snowball sampling is applied for samples collecting. Data analysis applied are data reduction, data providing, conclusion and verification. The results of the study show that hidden curriculum in the culture of SD Al-Irsyad Surabaya in developing religious character are; the culture of Al-Quran loving, Saturday dhuha praying, infaq at mosque, my family is your family, morality through wudhu, the wonderful of jamaah, eating ethics, cleanness part of faith, front row praying and my utterance is your heaven. A cultures that are developed for discipline are the culture of smile in morning, good morning class, queuing and get order in class. A developing cultures for peace are the utterances of TTM and my utterance is you heaven. A developing culture for nationality is the culture of nationality. A developing cultures for social care are helping friends, a culture of we are there when you get ill and my family is your family. A developing cultures for environment awareness are tepaksasi and cleanness is part of faith. The implementation strategy of hidden curriculum as culture is an internalization effort of character education that is well supported by all members of school and the parents of the students.