Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TENTANG LUAS PERSEGI DAN PERSE
    Penulis : LAILYS SYARIFAH FITHRY
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si,M.Pd..
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si..
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.Desain eksperimen yang digunakan adalah True Experimental Designdengan bentuk desainRandomized Pretest-posttes Control Group Desig. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Karangdalem 1 Sampang yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) rata-rata keseluruhan hasil validasi tes hasil belajar yaitu 3,1, rata-rata keseluruhan hasil validasi RPP yaitu 3,2 dan ratarata keseluruhan hasil validasi angket respon siswa yaitu 3,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sangat baik digunakan sebagai instrumen, 2) tidak ada perbedaan antara menggunakan metode TAI, TGT, dan Kontrol yaitu berdasarkan hasil penghitungan uji hipotesis komparatif, diperoleh nilai = 0,851 < = 3,150, sehingga Ho diterima.Dapat disimpilkan bahwa, tidak ada perbedaan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan tipe TGT terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan tentang luas persegi dan persegi panjang di SDN Karangdalem 1 Sampang

    Abstraction

    This study has an objective to know the difference of using cooperative instructional model of TAI (Team Assisted Individualization) type and TGT (Team Game Tournament) type on mathematics learning outcomes.This study is quantitative research. Research method that used is experimental method. Experimental design that used is True Experimental Design with kind of design of Randomized Pretest- Posttest Control Group Design. This study is conducted in Third grade students of SDN Karangdalem 1 Sampang that amounted to 63 students. Sampling is done randomly. Technique of collecting data uses learning outcomes test and students’ responses questionnaire. The results of this study show the validation results that, 1) the overall average achievement test validation results is 3.1, the average overall results of the validation RPP is 3.2 and the average overall results of the validation student questionnaire responses of 3.3..So that, it can take conclution that learning sets that's used is very good, 2) there is no difference between the using of TAI method, TGT method, and Control that based on the calculation result of comparative hypothesis test, it is obtained that the value of Fcount = 0,851 < Ftable = 3,150, so Ho is accepted.It can be concluded that there is no difference of Cooperative instructional model of TAI type and TGT type on the mathematics learning outcomes in the topic of size of square and rectangle in SDN Karangdalem 1 Sampang.

Detail Jurnal