Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Variasi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SDN Kraton 2 Bangkalan
    Penulis : Melya Lisnawati
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Permasalahan yang terjadi yaitu kegiatan mengajar terkadang menimbulkan rasa jenuh bagi siswa dan siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru karena kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran selama kegiatan mengajar. Tujuan Penelitian:(1) Untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar variasi yang ditampilkan guru kelas IV, V, dan VI pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN Kraton 2 Bangkalan. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru kelas IV, V, dan VI dalam menerapkan keterampilan dasar variasi pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN Kraton 2 Bangkalan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan atau memaparkan hasil temuannya dengan menyeluruh dan mendalam sesuai kondisi lapangan serta memberikan analisis secara sistematis bukan dalam bentuk angka-angka melainkan dengan uraian deskriptif. Hasil penelitian (1) Dari delapan keterampilan mengajar, keterampilan variasi cukup dikuasai oleh guru SDN Kraton 2 Bangkalan, pada kegiatan mengajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dilakukan oleh guru kelas IV, V, dan VI menggunakan keterampilan variasi. (2) Pada komponen keterampilan variasi terdapat dua komponen yang penggunaannya disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan kepada siswa yaitu penggunaan media pembelajaran dan pola interaksi. (3) Kendala yang dirasakan oleh guru di SDN Kraton 2 Bangkalan dalam menerapkan keterampilan dasar variasi yaitu penggunaan media pembelajaran. (4) Alokasi waktu yang terbatas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), menuntut guru untuk lebih mengoptimalkan kegiatan mengajar yang dilakukan dengan menggunakan keterampilan variasi yang diketahuinya. Kata Kunci: variasi keterampilan dasar, deskriptif kualitatif, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

    Abstraction

    ABSTRACT The problems often occur on teaching and learning activity are the student boredom and the students difficulty to understand the subjects delivered by teacher. The purposes of the study are: (1) to determine the variation basic skill presented by teacher of IV, V and VI grade on the subject of social science at SDN Kraton 2 Bangkalan. (2) to determine the problems faces by teacher of IV, V and VI grade in teaching the subject of social science at SDN Kraton 2 Bangkalan. The study applies qualitative descriptive method. The data collecting technique applied are documentation, interviews and observation. The study is to describe or expose the result in thorough and in-depth according to condition of field and also to present analysis in sistematic; in a form of descriptive expository, not in a form of numerical result. The results of the study show that (1) out of 8 teaching skills, the variation take place as a skill that is mastered most by teacher of SDN Kraton 2 Bangkalan. Those teachers have applied the variation skill in teaching social science to the students in IV, V, VI grade. (2) On the component of variation skills, there are two components that the implementation is adjusted to the subject delivered; the application of teaching media and interaction pattern. (3) the problems often faced by teacher in SDN Kraton 2 Bangkalan in implementing the variation basic skill; the application of teaching media. (4) limited time allocation on social science that demands any teachers to optimize the teaching activity by using any variation skill that is known or mastered. Keywords: basic variation skill, descriptive qualitative, social science (IPS)

Detail Jurnal