Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PEKERJAAN DI MASYARAKAT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Pada Siswa Kelas III-B SD Neg
    Penulis : Anggit Lintang Pertiwi
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Lintang Pertiwi, Anggit. 2015 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Materi Pekerjaan Di Masyarakat Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Studi Kasus Pada Kelas III SD Negeri Sidoharjo I Lamongan. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: 1. H.Priyono Tri Febrianto S.Sos,M.Si, 2. BapakMuhammad Busyro Karim, S. Ag., M.Si. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa kelas IIIB SD Negeri Sidoharjo I Lamongan, tahun 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB SD Negeri Sidoharjo I Lamongan Tahun Pelajaran 2015/2016 terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua pertemuan, pada pertemuan pertama diadakan tes awal sebelum tindakan siswa diberikan soal pretes dan pada pertemuan kedua siswa diberikan soal postes. Bentuk tindakan yang diberikan adalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan model pembelajaan kooperatif tipe bermain jawaban untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai hasil tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban dengan nilai rata-rata atau pada saat pretest yaitu 48,5 persen dengan ketuntasan kelasikal 70 persen. Pada pertemuan kedua dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban dengan nilai rata-rata atau pada saat posttest yaitu 8,166 persen dengan ketuntasan klasikal 70 persen. Pada lembar observasi aktivitas siswa jumlah skor yang diperoleh siswa dengan rata-rata yaitu 95 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model kooperatif tipe bermain jawaban efektif terhadap hasil beljar. Kata Kunci: Efektivitas, model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban, hasil belajar siswa

    Abstraction

    Lintang pertiwi, anggit. 2015 The Effectiveness Of A Model Of Learning Cooperative Type Play Response To Study Results Matter Work In The Community Learning In Social Science Case Study On Class III Sidoharjo Public School I Lamongan. A thesis, education of primary school teachers, the faculty of education, the university of trunojoyo madura. Tutors: 1. H.Priyono Tri Febrianto S.Sos,M.Si, 2. BapakMuhammad Busyro Karim, S. Ag., M.Si. ABSTRACT the purpose of this research is to know the effectiveness of a model of learning cooperative type play response to student learning the result of the class of public school IIIB sidoharjo I lamongan, 2015 and 2016. The subject of this research is a student IIIB Sidoharjo Public School Lessons I Lamongan Tahun 2015 and 2016 consist of 30 students. Study was conducted in two meetings, in the first meeting about the students given pretes and at a meeting of the two students were given postes soa. Form of action given is learning the science of social knowledge (IPS) using Use the model pembelajaan cooperative type play the answer. To know the results of student learning, held a test early before the act and a test on each end the meeting. Data collection techniques using sheets of observation of the activity of students, the questionnaire and learn the test results. Data analysis technique used is descriptive of quantitative analysis. Based on the results of research, obtained test scores early before using a model of learning cooperative type play the answer is 48,5 percent kelasikal ketuntasan with 70 percent. In the second and using a model of learning cooperative type play the answer is 8,166 percent klasikal ketuntasan with 70 percent. On a sheet of observation of the activity of the number of students score obtained students with an average that is 95 percent. Thus can be concluded that the lessons of social science (IPS) through cooperative model type play answer effective beljar of the results. Said the key: Effectiveness, model of learning cooperative bermai type, Student learning outcomes

Detail Jurnal