Detail Karya Ilmiah

  • UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV DI SDN KRATON 2 BANGKALAN
    Penulis : Siti Aminah
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Kraton 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Milles and Huberman. Sementara uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran IPS yaitu sulit menerima, memahami dan mengingat materi IPS serta sulit menjawab pertanyaan dan soal-soal IPS. Kesulitan belajar siswa lebih mengarah pada kesulitan belajar dalam dimensi pengetahuan dan nilai. Siswa yang mengalami kesulitan belajar IPS menunjukkan sikap dan perilaku yang kurang optimal dalam belajar, persiapan belajar siswa masih kurang, serta siswa belum menunjukkan perhatian dan partisipasi yang optimal dalam proses pembelajaran. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu faktor dari diri siswa meliputi kurangnya motivasi belajar, kurangnya konsentrasi belajar, rasa percaya diri siswa yang rendah, serta kebiasaan belajar siswa yang kurang baik dan faktor dari luar diri siswa meliputi faktor guru, lingkungan sosial, serta sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu menjelaskan materi secara runtut dan menggunakan bahasa yang baik, jelas serta mudah dimengerti, menyediakan sumber belajar, menggunakan variasi metode pembelajaran, memberikan reward, memberikan penguatan, memberikan remidi, bantuan penempatan serta les tambahan pelajaran. Faktor pendukung upaya guru yaitu dari pihak sekolah dan tersedianya buku-buku penunjang. Sedangkan faktor penghambat yaitu dari diri siswa sendiri dan dari waktu. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Belajar, Kesulitan Belajar

    Abstraction

    The purpose of the study is to determine the teacher effort in overcoming student’s difficulties in understanding social science subject on IV grade, SDN Kraton 2 Bangkalan. The study belongs to descriptive qualitative with the data collecting technique applied are documentation, interview and observation. Miles and Huberman is the model for the data analysis technique, while the triangulation is instrument for data validity. The result of the study show that learning difficulties experienced by most students on social science subject consist of; understanding, comprehending and remembering the social science material and also the students face difficulties in answering questions related to social science. The student learning difficulties is more on knowledge dimension and score. A student who experiences a difficulty in learning social science expresses a behavior and attitude of not optimize in learning, lack of learning preparation, less attention to subject and also less participation on the subject. The factors that cause the difficulties in learning social science subject mostly relates to students inner problem such as lack of learning motivation, lack of learning concentration, low self-confidence, and less good of learning habbit. The outer problems include the factor of teacher, social environment, facilities and infrastructure. The effort conducted by teacher in overcoming student learning difficulties on social science subject is explaining the subject chorologically, the usage of easy-understood language, support many source of study, provide learning sources, applies the teaching variation method, giving rewards, providing strengthenen, allocate the remidi, placement assisting and additional course for the subject. The supporting factor on teacher effort are the school and the available of supporting materials. The inhibiting factors are the students itself and time allocation. Keywords: Social science, learning, learning difficulties

Detail Jurnal