Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Kasus di SDN Dibee Kalitengah Lamongan Tahun Ajaran 2015/2016)
    Penulis : Melly Laras Puspita Wardani
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Melly laras puspita wardani. 2016. Pengaruh Tingakat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus di SDN Dibee Kalitengah Lamongan Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si(2) Mohamad Busyro Karim, S.Ag, M.Si. ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua,kurangnya respon orang tua terhadap pendidikan anak dan juga kurangnya peran orang tua terhadap pendidikan anak, baik dalam membimbing maupun pemberian perhatian dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengauh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pendekatan penelitan ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian diskriptif. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS.Hasil penelitian dianalis dengan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y= 24,117 + 0,497X, apabila tingkat pendidikan orang tua rendah, prestasi belajar siswa sebesar 24,117, sedangkan apabila tingkat pendidikan orang tua tinggi, prestasi belajar siswa sebesar 76,90. Dengan demikian, prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 52,82. Dibuktikan pula dengan uji keberartian berdasarkan uji-F diperoleh nilai Fhitung=16,227 > Ftabel= 4,160, dengan taraf signifikan 5%. Setelah mengetahui nilai fhitung dan ftabel maka dilakukan uji signifikansi untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak tingkat pedidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil dari uji tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,028 > ttabel 2,0395.Artinya terdapat pengaruh signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari perhitungan uji regresi sebesar 76,90 termasuk dalam kategori tuntas dengan rata-rata hasil kuesioner tingkat pendidikan orang tua sebesar 106,30. Agar nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa meningkat, maka perlu adanya bimbingan dan respon yang baik dari orang tua kepada anak. Kata Kunci: pendidikan orang tua, prestasi belajar, IPS

    Abstraction

    Melly laras puspita wardani. 2016. Effect of Tertiary Education Parents to Student Achievement In Social Science (Case Study in Lamongan Kalitengah Dibee SDN Academic Year 2015/2016). Thesis, Elementary Education Departemen, Faculty of Education, University Trunojoyo Madura. Advisors: (1) Priyono Tri Febrianto, S. Sos., M.Si (2) Busyro Mohamad Karim, S.Ag, M.Si. ABSTRACT The background of this research is parents’ education level, lack of parents’ respond to the children's education and also a lack parents’ attention to children’s education, both in guiding or in giving attention and motivating to learn. The purpose of this study was to know how the effect of parents’ education level toward the students’ achievement in social science subject. This research used quantitative approchment with descriptive research method. The instrument which used was a questionnaires about the influence of parents’ eduation level toward students’ achievement in social science subject. The results were analyzed with simple linear regression yields with Y = 24.117 + 0,497x, if the parents’ education level is low, the students’ achievement amounted to 24.117, while the parents’ education level is higher, the students’ achievement is at 76.90. Thus, the students’ achievement increased at 52, 82. It was evidenced also by the significance test based on F test with the result of Fhitung 16,227 > Ftabel 4,160 with a significance level of 5%. After knowing the value of F hitung > F tabel then it was tested to determine the significance of influence or not the parents’ education level on students’ achievement in social science subject. the results of these test showed that the value of t Hitung = 4,028 > t tabel = 2,039,. It means that there wes influence signification to the parents’ education level toward students’ achievement in socil science subject. The average value of students’ achievement in social science subject toward regression test calculation at 76.90 was success with the average of the questionnaires of parents’ education level were 106,30. In order to increase students’ achievemet value in social science subject, it is needed good parents’ guiding and responding to the children. Keyword: Parents’ education level, Achievement, Social science subject.

Detail Jurnal