Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PETA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJARSISWA MATERI SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA KELAS VI SDN PANGARANGAN 1 SUMENEP
    Penulis : Aji syantoso Akbar
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS Menggunakan media puzzle peta Indonesia terhadap hasil belajar siswa materi sistem administrasi wilayah Indonesia kelas VI SDN Pangarangan 1 Sumenep serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPS menggunakan media puzzle peta terhadap hasil belajar siswa materi sistem administrasi wilayah Indonesia kelas VI SDN Pangarangan 1 Sumenep. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design.Berdasarkan hasil pengambilan data dari 35 soal, terdapat 22 soal yang valid. Soal yang digunakan untuk preetes dan postes berjumlah 20 soal dengan persentase 20% soal sukar, 60% soal sedang, dan 20% soal mudah. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 70 siswa, yaitu dari seluruh jumlah populasi siswa kelas VI SDN Pangarangan 1 Sumenep.Hasil pengujian hipotesis menggunakan ui regresi linier sederhana dan uji signifikansi (uji-t).Hasil persamaan regresi menunjukkan Y=61,4586+0,2931X, dengan nilai korelasi (r) 0,384. Maka terdapat pengaruh yang positif, artinya terjadi hubungan nilai searah antara nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen. Uji signifikan (uji-t) diperoleh Thitung=2,394> Ttabel=2,035. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan nilai pretest eksperimen dengan nilai posttest eksperimen. Sedangkan untuk hasil respon siswa terhadap media puzzle peta berkategori sangat baik dengan indikator pertama 93,33%, indikator dua 98,10%, indikator tiga 95%, indikator empat 98,57%. Kata Kunci:media puzzle peta, hasil belajar, mata pelajaran IPS

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of learning IPS Using media puzzle map of Indonesia on the results of student learning materials administrative system of Indonesia Class VI SDN Pangarangan 1 Sumenep and to investigate the students' response to social studies learning using media puzzle map of the results of student learning materials administrative system of Indonesia class VI SDN Pangarangan 1 Sumenep. This research is a quantitative method design.Berdasarkan true experimental data collection results of 35 questions, there are 22 questions were valid. Questions used to preetes and posttest total of 20 questions with a percentage of 20% about the difficult, 60% about the medium, and 20% about easily. The sample in this study berjumalah 70 students, ie of the total population of students of class VI SDN Pangarangan 1 Sumenep.Hasil ui hypothesis testing using simple linear regression and significance test (t-test) The results of the regression equation showed Y = 61.4586 + 0, 2931X, with the value of the correlation (r) 0.384. So there are positive influence, meaning a unidirectional relationship between the value pretest and posttest experimental class values. Test significant (t-test) obtained Thitung = 2,394> Ttabel = 2.035. then H0 rejected and Ha accepted. This means that there is a significant effect of the experimental values with the value pretest posttest experiment. As for the results of students' response to media puzzle map categorized very well with the first indicator 93.33%, 98.10% two indicators, three indicators 95%, four indicators of 98.57%. Keywords:media puzzle map , learning outcomes , social studies

Detail Jurnal