Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK PENANAMAN NILAI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Pada Empat Sekolah di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)
    Penulis : MARTA ALFIANI PUTRI
    Dosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :FATIMATUL MUNAWAROH, S.Si., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran penanaman nilai pada mata pelajaran PKn, kendala-kendala yang dihadapi, dan upaya guru dalam strategi pembelajaran nilai pada mata pelajaran PKn di Sekolah Dasar (SD) kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Untuk tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling sampel penelitian mula-mula ditentukan sebanyak 14 guru pada 10 (sepuluh) SD di Kecamatan Bungah. Selanjutnya untuk memperoleh data yang lebih akurat penelitian di fokuskan pada 4 (empat) SD dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran nilai dalam mata pelajaran PKn telah diterapkan oleh subjek penelitian (guru) antara lain dengan menggunakan strategi konsiderasi, klarifikasi nilai, dan nondirektif. Beberapa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi penanaman nilai antara lain kondisi siswa yang memiliki tingkat pemahaman berbeda antara satu dengan lainnya, kondisi lingkungan yang berengaruh penting terhadap proses pembelajaran, dan penyusunan perencanaan belum terencana dan sistematik. Beberapa upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan antara lain pemberian contoh yang relevan, melakukan evaluasi dan sharing dengan sesama guru agar menemukan solusi, dan persiapan perencanaan yang lebih terfokus pada pembelajaran nilai. Kata kunci: Strategi pembelajaran penanaman nilai, mata pelajaran PKn, sekolah dasar.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims are to reveal the value of learning strategy in civic education, the obstacles, and the teacher's effort in learning strategy of civic education's value in elementary school in Bungah District, Gresik Regency. This study uses qualitative descriptive method. This sample study uses proportional stratified random sampling technique which is determined firstly by 14 teachers in 10 elementary schools in Bungah District, Gresik Regency. Then, the study focuses on 4 elementary schools by using snowball sampling technique to get the stude more accurately. The collecting data is used by using observation, interview, documentation, and library research. The result shows that learning strategies' value in civic education has been applied by the teacher. Those strategies are consideration, value clarification, and non-directive. There are some obstaclea faced by the teacher in applying the value of learning strategy which consist of the student's condition who has different understanding level among one and others, the environment condition which has the important effect in learning process and granting the value, and composing the composed planning systematicly. There are some efforts in solving those problems which are giving the relevant examples, evaluating and sharing with other teachers to find the solution, and preparing the planning which more focus on learning value. Keywords: strategy of learning value, civic education, elemantary school.

Detail Jurnal