Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Pembelajaran Tematik ditinjau dari Kemampuan Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di Kelas V SD Muhammadiyah 8 Kecamatan Tulangan
    Penulis : AFIFAH SINTA HERMAWANTI
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pada implementasi kurikulum 2013 guru SD Muhammadiyah mengalami kesulitan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, sehingga perlu diadakan potret pembelajaran untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik yang ditinjau dari kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik yang ditinjau dari kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) efektivitas pembelajaran tematik dilihat dari kemampuan guru merencanakan pembelajaran 67% efektif, (2) efektivitas pembelajaran tematik dilihat dari kemampuan guru melaksanakan pembelajaran 50% efektif, (3) terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, (4) terdapat faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran tematik menjadi efektif. Kata kunci: efektivitas pembelajaran tematik, kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran

    Abstraction

    In 2013 the curriculum implementation Muhammadiyah elementary school teachers have difficulties in designing and implementing learning, so it should be a portrait study to determine the effectiveness of thematic learning in terms of the ability of teachers in planning and implementing learning. This study aims to determine the effectiveness of thematic learning in terms of the ability of teachers to plan and implement learning. This study uses descriptive qualitative research design. Data was collected through interview, observation, literature and documentation. To maintain the validity of the data, carried out the activities of data triangulation. Activity data analysis starts from the stage of data reduction, data display, and conclusion. Based on the findings of this study concluded that: (1) the effectiveness of thematic learning viewed from the ability of teachers to plan learning 67% effective, (2) the effectiveness of thematic learning seen from the teacher's ability to implement effective learning 50%, (3) there are obstacles in the implementation of thematic learning, (4) there are factors that cause thematic learning to be effective. Keywords: effectiveness of thematic learning, teachers' ability to plan and implement learning

Detail Jurnal