Detail Karya Ilmiah
-
PENGGUNAAN BUKU PENGHUBUNG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI ANTARA GURU, SISWA BESERTA ORANG TUA SISWA DI SDN PEJAGAN 5 BANGKALANPenulis : FAIRA ANNISA IRMANDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Wakhid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Faira Annisa Irman. 2015. Penggunaan Buku Penghubung Sebagai Media Komunikasi dalam Interaksi Antara Guru, Siswa Beserta Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si dan Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan buku buku penghubung sebagai media komunikasi dalam interaksi antara guru, siswa serta orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Buku penghubung berfungsi sebagai media yang digunakan oleh guru sebagai pihak sekolah dan orang tua di rumah dalam membimbing serta mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas V, siswa kelas V dan orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Penggunaan buku penghubung sebagai media komunikasi dalam interaksi antara pihak sekolah dan orang tua turut mempengaruhi proses belajar serta perkembangan anak di kehidupan sehari-hari. Melalui sebuah media keterbatasan komunikasi orang tua dan sekolah karena faktor kesibukan orang tua bukan menjadi penghalang untuk mencapai tujuan pendidikan. Jenis komunikasi yang digunakan adalah komunikasi verbal berupa tulisan. Guru dan orang tua tetap dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara timbal balik tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka secara langsung. Kata Kunci: buku penghubung, komunikasi, interaksi, pendidikan.
AbstractionFaira Annisa Irman. 2015. Utilization of Connective Book As A Media of Communication in Interaction Between Teacher, Students, and Student’s Parents in Pejagan 5 Elementary School. Thesis, Elementary School Teacher Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si and Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The purpose of this research is to understand the utilization of connective book as a media of communication and interaction between teachers, students, and student’s parent’s in Pejagan 5 Elementary School, Bangkalan. The function of connective book as a media which is used by teacher as school parties and parents at home in leading and developing student’s potential. This research used qualitative descriptive research plan. The technique of data accumulation in this research uses the technique of interview, observation, and documentation. Sampling technique which is used in this research is purposive sampling. The sample in this research is the headmaster of Pejagan 5 elementary school, the teacher of grade V, the students of grade V and the student’s parents of grade V in Pejagan 5 elementary school. The use of connective book as a media of communication and interaction between school staff’s and student’s parents is also influence learning process and development of the students in their daily activities. Through a media, the communication limitedness of the student’s parents and school parties due to the parent’s activities factor will no longer become a backstop to gain the purpose of education. Type of communication which is used in this research is verbal communication in form of writing. Teacher and parents will still be able to communicate and interact each other without having to meet and facing face one another directly. Key Words: Connective book, communication, interaction, education.