Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD KELAS II SDN BANYUAJUH 01 KAMAL
    Penulis : SHELLA PARAMYTHA AYOE
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman S.Pd, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan S.pd, M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa SD kelas II. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II di SDN Banyuajuh 01 Kamal materi bercerita tentang fabel, pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan Desember 2015 sampai Januari 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa data hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung di kelas yang dilakukan peneliti selaku observer, selanjutnya peneliti melakukan observasi wawancara untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan maksimal. Penelitian ini juga dilengkapi dengan dokumentasi selama pembelajaran. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dapat diketahui dalam penggunaan media pembelajaran boneka tangan siswa dapat berlatih mengembangkan keterampilan berbicara melalui materi bercerita. Selain itu dapat diketahui juga kekurangan dan kendala saat menggunakan media pembelajaran boneka tangan. Siswa dapat mengembangkan keterampilan berbicaranya di depan kelas dengan penggunaan media pembelajaran boneka tangan. Kata Kunci: penggunaan media, media boneka tangan, keterampilan berbicara

    Abstraction

    Abstract : This study aims to determine the use of hand puppets learning media in developing students' speaking skills grade II. This research was conducted at the second grade students at SDN 01 Banyuajuh material Kamal tells of fable, the implementation of the research started in December 2015 and January 2016. This study used a descriptive qualitative research approach. The instrument used in the research is data observed during the learning process takes place in a class conducted by researchers as an observer, then researchers conducted observations interviews to obtain more accurate data and a maximum. The study also comes with documentation for learning. After observation and interviews can be seen in the use of instructional media hand puppets there is an increase in the development of students' speaking skills grade II. More over, it can also note the advantages and constraints when using hand puppets learning media. Students can develop skills of speaking in front of the classroom with instructional media use hand puppets.

Detail Jurnal