Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENERAPAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KALIANGET TIMUR I SUMENEPPenulis : Fajar AswariDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kalianget Timur I Sumenep yang berjumlah 45 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media terhadap hasil belajar matematika siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) persentase rata-rata hasil validasi RPP yaitu 76%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran layak digunakan, 2) Ada pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu berdasarkan hasil penghitungan uji t, maka diperoleh nilai thitung sebesar 7,68. Dengan ttabel = t(?/2 ,n-2) = 2,093. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media batang Napier memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III kalianget timur I Sumenep. Tingkat ketuntasan siswa di kelas eksperimen yaitu 71%, sedangkan dikelas kontrol yaitu 66%, 3) angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media batang napier didapatkan nilai rata-rata persentase yaitu 95,84%. Dapat disimpulkan siswa tertarik dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran dengan media batang Napier.
AbstractionThis study is a kind of quantitative research by using Quasi Experimental method. It is conducted in grade III at SDN Kalianget Timur 1 Sumenep which contains of 45 students. This study is aimed to know the effect of application media to the students’ mathematic learning results. The technique of collecting data is done by using test and questionnaire methods. The results of the study show that the validation results are: 1) the average percentage of validation results of RPP is 76%. Thus, it can be concluded that the learning tools is worth using, 2) There is a learning effect on the students’ mathematic learning results that is based on the result of T test calculation, it is gained that value of tcount is 7,68. With ttable = t(?/2 ,n-2) = 2,093. Based on the value of tcount and ttable, it is gained that tcount > ttable which means that H0 is rejected and Ha is accepted. It shows that learning by using napier rods media gives a significant effect to the mathematic learning results of grade III students at SDN Kalianget Timur 1 Sumenep. The level of student mastery in the experimental class is 71%, whereas in the control class is 66%, 3) students’ questionnaire responses to the learning by using napier rods media has the average value of percentage is 95,84%. It can be concluded that the students are interested and excited in attending the learning process by using napier rods media.