Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Terhadap Kemampuan Siswa Kelas V Dalam Menggunakan Huruf Kapital
    Penulis : Dianatur Rosyida
    Dosen Pembimbing I : Hani'ah, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S. S., M. Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek keterampilan yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis. Namun, jika dilihat dari aspek menulis masih banyak siswa yang tidak menerapkan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan secara benar baik penggunaan huruf dan tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivistik terhadap kemampuan siswa kelas V dalam menggunakan huruf kapital. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk design True Eksperimental yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gapura Barat 1 Sumenep dengan populasi semua siswa kelas V Tahun Ajaran 2014-2015. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas dengan jumlah masing-masing kelas 20 siswa. pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh thitung = 3,837 > t tabel = 2,101, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan konstruktivistik terhadap kemampuan siswa kelas V-A dan V-B SDN Gapura Barat 1 dalam menggunakan huruf kapital. Kata kunci: pendekatan konstruktivistik, huruf kapital

    Abstraction

    Indonesian learning cover four aspects of skill there are listening, speaking, reading, and writing. By learning Indonesian aimed to increase the student’s ability in order to make a good communication either in spoken or written, but when it saw from three aspect or writing, there are many students who did not apply EYD correctly either in letter usage or punctuation. The purpose of this research to know the influence of constructivistic approach, toward student’s ability of five class in using capital letter. This research is conducted by using and experiment method with design form of True Experimental which is used the Posttest-Only Control Design. This research is implemented in Gapura Barat 1 elementary school of Sumenep in a study of all student of class five period of 2014-2015. The technique of collecting sample is using saturate sampling. The sample of this research are two classes with students of each classes. The method of collecting data are using test, observation, questionnaire, and documentation. Trough linier regression technique analysis and to be continued by hypothesis of T-experimental. Based on the result of research implementation is acquired thitung = 3,837 > ttabel = 2,101, then Ho is refused and Ha is accepted. Thus can be concluded there are founded the influence of constructivist approach toward student’s ability of class V-A and V-B elementary school of Gapura Barat 1 in applying capital letter. Key words: constructivist approach, capital letter

Detail Jurnal