Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pembiasaan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Kegiatan Menyalin Cerita Siswa Kelas III SDN Gapura Barat 1
    Penulis : Mukris Sa'äda
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S. S., M. Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek yaitu berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis. Namun, untuk keterampilan menulis pada kegiatan menulis tegak bersambung masih jarang digunakan. Untuk itu dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis tegak bersambung perlu didukung dengan adanya pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan menulis tegak bersambung siswa, kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung, kendala dalam membiasakan siswa menulis tegak bersambung, dan faktor pendukung serta penghambat pembiasaan menulis tegak bersambung pada siswa kelas III SDN Gapura Barat 1. Rancangan penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Gapura Barat 1 agar dapat mencapai fokus penelitian secara jelas. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan triangulasi. Sampel sumber data dipilih secara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, proses pembiasaan menulis tegak bersambung di kelas sangat menyenangkan sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan siswa mulai terbiasa menulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Dalam hal tersebut siswa mengikuti kegiatan dengan menggunakan cerita-cerita yang menyenangkan, sehingga siswa termotivasi untuk berlatih pembiasaan menulis tegak bersambung. Setelah adanya kegiatan dan pembiasaan yang diberikan oleh guru, siswa sudah mulai paham dengan bentuk-bentuk tulisan tegak bersambung, selain itu pembiasaan menulis tegak bersambung siswa sudah mulai tampak baik. Hal tersebut tampak dari hasil atau skor pada tes kegiatan menulis tegak bersambung siswa. Kata Kunci : Pembiasaan, tegak bersambung, cerita, siswa

    Abstraction

    Indonesian learning cover four aspects of skill, there are speaking, reading, listening, and writing. But, for writing skill of upright articulate activity still not used particularly. There for, in Indonesian learning in writing skill of upright articulate need to be supported. The purpose of this research is to know the habitual of students in applying upright articulate writing, the ability of students in applying upright articulate, the constraint of student in upright articulate writing, with the supporting factors and the abstract of applying upright articulate writing to the student of class III elementary school of Gapura Barat 1. The research planning of descriptive qualitative which used in this research, applied to the students of class III elementary school of Gapura Barat 1 in order to achieve the research focus clearly. The method of collecting data are using, observation, interviewing, test, and triangulation. The sample of the source of data was choose in purposive sampling. Based on the result of research implementation can be concluded, indeed the process of accustoming upright articulate writing in the class is fun, this students able to participate the activity well and students have become accustomed in writing applied upright articulate writing. Thus the students participate the activity big using interesting story, therefore students is motivated train is using upright articulate. Continually after applying this activity which is taught by teacher, the student be able to understand of upright articulate writing, in addition the customary of applying upright articulate writing, appear from the students scope. In the test of upright articulate writing. Keyword : accustomed, upright articulate, story, student

Detail Jurnal