Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI KELURAHAN CAMPUR KECAMATAN GONDANG-NGANJUK)Penulis : Aning Ayu MustikawatiDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.PdAbstraksi
Latar belakang penelitan ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I sekolah dasar. Rendahnya kemampuan membaca siswa dapat menyebabkan kesulitan dalam memelajari pembelajaran bahasa Indonesia, maupun pembelajaran lainnya. Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan membaca siswa adalah perhatian orang tua kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perhatian orang tua kepada anak. Pendekatan penelitan ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei. Instrumen yang digunakan adalah angket perhatian orang tua dan dokumentasi kemampuan membaca siswa kelas I SD. Hasil penelitian dianalis dengan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y=37,415+0,457X, artinya tanpa adanya perhatian orang tua, kemampuan membaca siswa sebesar 37,415, sedangkan bila terdapat perhatian orang tua sebesar 89,40, maka kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan menjadi 78,30. Dibuktikan pula dengan uji keberartian berdasarkan uji-F diperoleh nilai Fhitung=44,460>Ftabel=3,948, dengan taraf signifikan 5%. Artinya terdapat pengaruh positif perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca siswa kelas I sekolah dasar di Kelurahan Campur, Kecamatan Gondang-Nganjuk. Nilai rata-rata kemampuan membaca siswa sebesar 78,30 termasuk dalam kategori cukup lancar dengan rata-rata perhatian orang tua sebesar 89,40 dalam kategori cukup. Agar nilai rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat, maka perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua. Kata Kunci: perhatian orang tua, kemampuan membaca, karakteristik siswa kelas I SD
AbstractionThe background of the study is the low reading ability of students at first grade of elementary. This low reading ability can cause students face difficulties in understanding the subject of Bahasa Indonesia and others. One factor that influence it is parental attention to the child. The purpose of the study is to determine the influence of parental attention to the child. The research approach used is quantitative attached with survey research method. The instrument used is questionnaire which is delivered to all parents and also documentation on elementary students’ reading ability at first grade. The result of the study that is analyzed using simple linear regression shows the equation of Y=37,415+0,457X. It means without the existance of parental attention, the reading ability of students get the score of 37,415. In the other side, when there is an attention from parents as 89,40, the students reading ability make a significant increase as 78,30. It is proved by the significance test based on F-test that obtains a value of Fcount=44,460>Ftable=3,948, with significance level of 5%. These indicate that there is a positive influence of parental attention on elementary students reading ability at first grade in Campur sub-district, Gondang District, Nganjuk. The average value of students reading ability is 78,30. It is categorized as quite capable with the parental attention average is in enough category, reach the point of 89,40. Therefore, in order to increase the average score of students reading ability, there must be a good cooperation between the school and parents. Keywords: parental attention, reading ability, characteristic of elementary students of first grade.