Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NYABAKAN BARAT 1Penulis : RINA WIJAYATIDosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si.Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Nyabakan Barat 1 serta untuk mengetahui respon siswa tarhadap pembelajaran menggunakan metode role playing pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Nyabakan Barat1. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan design penelitian quasi eksperimental design. Berdasarkan pengambilan data dari 30 soal terdapat 22 soal yang valid. Soal yang akan digunakan untuk penelitian berjumlah 20 butir. Sampel dalampenelitian ini berjumlah 40 siswa, yaitu dari seluruh jumlah populasi yang ada di SDN Nyabakan Barat 1. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji signifikansi (uji t). Hasil persamaan regresi menunjukkan Y = 36,47788 + 0,7195254 X, dengan nilai korelasi r = 0,901. Maka terdapat pengaruh yang positif, artinya terjadi hubungan nilai searah antara nilai pretest dan postest kelas eksperimen. Uji signifikan (uji t) diperoleh thitung = 8,811 > ttabel= 2,101. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan nilai pretest eksperimen dengan nilai postest eksperimen. Sedangkan untuk hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakanmetode role playing berkategori sangat baik dengan indikator pertama 96,6%, indikator dua 86,6%, indikator tiga 90%, dan indikator empat 82,6%. Kata kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar, Mata pelajaran IPS
AbstractionThis study aims to determine the effect of the application of role playing method on IPS subjects to the learning outcomes of students of class V SDN Nyabakan Barat I and to investigate the students response to learning using the role playing method on IPS subjects to the learning outcomes of students of class V SDN Nyabakan Barat I. This research is a quantitative research with quasi experimental design research design. The true experimental data collection results of 30 question, there are 22 questions were valid. The question to be used for research amounted to 20 items. The sample in this study agregate 40 students, ei of the total population of students in grade 5 at SDN Nyabakab Barat I. Result of hypothesis testing using simple linear regression and significancetest (t-test). The results of the regression equation showed Y = 36, 47788 + 0,7195254 X, with the value of the correlation r = 0,901. So there are positive influence, meaning a unidirectional relationship between the value pretest and posttest experimental class values. Test significant (t-test) obtained tcount = 8,811 >ttable = 2,101. Than Ho rejected and Ha accepted. This means that there is a significant effect of the experimental values with the value pretest posttest experiment. As for the results if students responseto learning using the role playing method categorized very well with the first indicator 96,6%, 86,6% two indicator, three indicator 90%, four indicator of 82,6%. Keywords: Role Playing Method, Learning Outcomes, Social Studies.