Detail Karya Ilmiah
-
Kemampuan Manajemen Diri Pada Mahasiswa yang Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura)Penulis : chusnul khotimahDosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajemen pada mahasiswa yang berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memanajemen diri terdapat empat aspek yaitu: perencanaan diri, pengorganisasian diri, pelaksanaan diri, dan evaluasi diri. Dalam setiap aspek manajemen diri meliputi manajemen sebagai wirausawan dan manajemen sebagai mahasiswa, manajemen sebagai mahasiswa terdiri dari manajemen keuangan, manajemen waktu, dan manajemen kuliah. Perencanaan sebagai mahasiswa adalah mampu merencanakan keuangan kuliah, dan usaha. merencanakan waktu antara uasaha, kuliah dan pribadi. Sebagai wirausahawan memerencanakan peluang usaha, modal dan bahan keperluan usaha. Pengorganisasian diri sebagai mahasiswa mampu mengelompokkan uang kuliah, usaha dan pribadinya. Sebagai wirausahawan mampu mengelompokkan jenis dagangan, dan jenis pekerjaan. Pelaksanaan diri sebagai mahasiswa, menggunakan uang sesuai kebutuhan, kuliah tepat waktu, tidak pernah bolos, IPK diatas tiga. Sebagai wirausahawan, menjalankan usaha/alat yang telah direncanakan, menjalankan kerja online dan langsung. Evaluasi diri sebagai mahasiswa, sudah bisa menggunakan uang, tepat waktu, jika IP turun segera memperbaiki. Sebagai wirausawan meminta masukan kritikan ataupun saran, memperbaiki cara pemasaran, tidak menyerah dalam kegagalan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan manajemen diri secara internal yaitu: mampunyai semangat yang tinggi, resiliensi, bertanggung jawab, mempunyai daya juang serta bersabar. dan ekternal sebagai lingkungan keluarga dan lingkungan sosial, dapat memberikan motivasi, perhatian dan doa. Kata Kunci : manajemen diri, mahasiswa, berwirausaha
AbstractionABSTRACT This study has an objective to know the self-management capabilities and the factors that influence them of students who perform entrepreneurship. The results of the study show that the self-management capabilities consist of four aspects those are: self-planning, self-organization, self-implementation, and self-evaluation. In each aspect of self-management consists of management as an entrepreneur and management as a student in which management as a student consists of financial management, time management, and courses management. Self-planning as a student is able to plan the finances between personal, courses, and business needs, to plan time between business, courses, and personal. As an entrepreneur, they are able to plan business opportunities, capital, and business necessity materials. Self-organization as student is able to divide between the money for courses, business, and personal. As an entrepreneur, they are able to classify type of merchandise and type of work. Self-implementation as student is able to use money as needed, come to the courses on time, do not absent, and get GPA above three. As an entrepreneur, they are able to run the business that has been planned, use the stuff as needed, and run both online and direct selling. Self-evaluation as student is able to manage money, come early if doing courses or business activities, if the GPA decreases, they improve it immediately. As an entrepreneur, they are able to ask criticism and suggestions, improve marketing strategy, do not give up in failure. Internal factors that influence self-management capabilities self that are: they have high spirit, resilience, responsible, willpower and patience. Moreover, the external factors come from family and social environments that can give motivation, attention, and prayer. Keywords: self-management, student, entrepreneurship