Detail Karya Ilmiah

  • PENYESUAIAN DIRI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK TUNARUNGU BAWAAN
    Penulis : R. P. MUHAMMAD ASRULLAH
    Dosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK R. P. MUHAMMAD ASRULLAH (110541100067) Penyesuaian Diri Orangtua yang Memiliki anak Tunarungu Bawaan. Skripsi. Progam Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura. 2016 Halaman : xviii +177 Halaman, 81 Lampiran Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana penyesuaian diri orangtua terhadap anaknya yang mengalami ketunarunguan bawaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditentukan berdasarkan orangtua yang memiliki anak penyandang tunarungu bawaan dan tinggal bersama anaknya yang mengalami ketunarunguan. Hasil dari penelitian ini ada tiga responden mengalami proses penyesuaian diri berkaitan dengan keadaan orangtua yang memiliki anak tunarungu. Proses penyesuaian diri yang dialami oleh orangtua berawal dari motivasi yang mereka miliki untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anaknya dan harapan agar anaknya, mampu berkomunikasi secara efektif dengan lingkungan dan mampu hidup mandiri. Realitas atau tantangan dalam merawat dan membesarkan anak tunarungu yang dihadapi oleh ketiga subjek beragam, ada lingkungan yang menerima, merasakan kelelahan secara lahir batin, ada juga yang menerima cibiran dan ejekan dari lingkungan sekitar. Pola penyesuaian diri yang dimiliki oleh orangtua pun beragam ada beberapa yang menolak diri dan ada pula orangtua yang mampu menjalin relasi yang hangat dengan lingkungan. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Orangtua, Tunarungu Daftar Pustaka : 16 (1964-2006)

    Abstraction

    ABSTRACT ASRULLAH, R. P. MUHAMMAD (110541100067) Adjustment of Parents Who Have Congenital Deaf Children. Thesis. Department of Psychology Faculty of Social and Cultural Sciences University of Trunojoyo Madura. 2016 Page: xviii +177 pages, 81 Appendices This study aims to find out the adjustment of parents toward their children who suffer congenital deafness. This study uses qualitative research methods which determined by parents whose children suffer congenital deafness and live them. The result of this study is that there are three respondents who experienced the process of adjustment related to parents who have congenital deafness. Adjustment process which experienced by parents originated from the motivation that they have to develop the potential of the children and the hope that their children are able to communicate effectively with the environment and are able to live independently. Reality or challenges in taking care and growing children who suffer congenital deafness which faced by three subjects have variation, there is a time where the environment is accepting them, feeling exhausted physically and mentally, and there is also a time where the children receiving scorn and derision from the surrounding environment. The pattern of adjustment which owned by the parents are also have variation, there are some of the parents who decided to refuse themselves and while the others are able to establish a warm relationship with the environment. Keywords: Adjustment, Parents, Deaf Bibliography: 16 (1964-2006)

Detail Jurnal