Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kurikulum 2013
    Penulis : Muttaqina Rolawanty
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Muttaqina Rolawanty. 110541100058. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kurikulum 2013. Program Studi Psikologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Universitas Trunojoyo Madura. 2016. xviii + 104 halaman + 21 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa pada Kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan 2 (dua) skala yaitu skala self efficacy sebanyak 24 aitem dan motivasi belajar sebanyak 29 aitem pernyataan. Penelitian ini menggunakan 35 sampel siswa dengan kriteria siswa dan siswi kelas VIII di SMPN 2 Sumenep dan mengutamakan siswa siswi yang memiliki tingkat prestasi sedang-tinggi dan berada di kelas unggulan. Cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Uji statistik menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan program SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian dalam uji regresi sederhana menunjukkan bahwa r hitung korelasi antara self efficacy dan motivasi belajar adalah 0.599. Angka ini menunjukkan korelasi positif antara self efficacy dan motivasi belajar siswa. Nilai signifikan 0.000 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan karena 0.000 < 0.05 maka dinyatakan bahwasanya hipotesis diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap motivasi belajar siswa pada Kurikulum 2013. Kata Kunci : Self Efficacy, Motivasi Belajar, Kurikulum 2013.

    Abstraction

    Muttaqina Rolawanty. 110541100058. The Effect of Self Efficacy on Students’ Learning Motivation Under 2 the 2013 Curriculum. Psychology Study Program. Faculty of Social and Cultural Science. University of Trunojoyo Madura. 2016. xviii + 104 pages + 21 appendices. This research aims to ascertain the effects of self efficacy on students’ learning motivation under the 2013 curriculum. It utilizes quantitative method using 2 (two) scales, which are self efficacy scale and learning motivation scale, with 24 and 29 items of questions, respectively. This research employs samples of 35 students of SMPN 2 Sumenep, Grade VIII, and prioritizes on high-mid achievers and who are in the special class. The sampling method uses purposive sampling. Statistical test utilizes simple regression test assisted by SPSS Program for windows, ver.20. The research results obtained through the simple regression test indicate that the r correlation coefficient between self efficacy and learning motivation is 0.599. This figure suggests a positive correlation between self efficacy and students’ learning motivation. A significant value of 0.000 shows a significant correlation because 0.000 < 0.05, meaning that the hypothesis is acceptable. Therefore, it can be concluded that there is a significant effect of self efficacy on students’ learning motivation under the 2013 curriculum. Keywords :Self-Efficacy, Learning Motivation, the 2013 Curriculum.

Detail Jurnal