Detail Karya Ilmiah

  • PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA CAMPLONG DI KABUPATEN SAMPANG
    Penulis : ERNA AYUNITA
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap objek wisata Camplong di Kabupaten Sampang. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang wisatawan yaitu NH, LQ, HY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semiterstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles and Huberman yaitu pegumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap objek wisata Camplong mempunyai persepsi yang baik, dapat dilihat dari beberapa aspek adalah sebagai berikut : 1. Komponen Kognitif seperti lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh wisatawan dan fasilitas yang memadai seperti hotel, masjid untuk tempat beribadah. 2. Komponen Afektif seperti suasana nyaman dengan angin yang semilir. 3. Komponen Konatif : fasilitas yang kurang seperti tempat sampah, pemainan, tempat duduk di pinggir pantai, penyewaan ban dan pelampung serta pembaharuan fasilitas sarana dan prasarana misalnya tempat untuk berfoto yang kekinian contohnya background bentuk love, alat-alat mainan yang kekinian misalnya ayunan yang ada tulisan diberi warna agar lebih menarik juga para pedagang yang berjualan dibuatkan tempat agar tertata rapi. Kata Kunci: Persepsi, Wisatawan, Objek Wisata

    Abstraction

    This study aims to determine the perception of tourists to attractions Camplong in Sampang. Subjects in this study were three tourists, namely NH, LQ, HY. This study used a qualitative method with case study approach. Mechanical sampling using technique. purposive sampling. Data collection methods were used that semistructured interview. Data analysis techniques used in this study is a model of Miles and Huberman is data collecting, data reduction, data display and conclusion. The validity of the data using triangulation time. The results showed that the perception of tourists to attractions Camplong have a good perception, it can be seen from several aspects are as follows: 1. Cognitive Component as a strategic location that is easily accessible by tourists and adequate facilities such as hotels, mosque to worship. 2. Affective component as comfortable atmosphere with breezy winds. 3. Component Conative: inadequate facilities such as trash, ploy, seating on the beach, tire and buoy rental and renewal of facilities and infrastructures for example, a place for contemporary photographic background shape heartexample, the tools of contemporary toys eg swing No posts were given color to be attractive also traders who sell made the place so neat. Keywords: Perception, Travelers, Attractions

Detail Jurnal