Detail Karya Ilmiah
-
eksploitasi tubuh perempuan dalam iklan (studi analisis wacana kritis sara mills dalam iklan parfum AXE versi "Heaven On Earth")Penulis : marina tika raya oktavia sibueaDosen Pembimbing I : netty dyah kurniasari, S.Sos., M.Med .KomDosen Pembimbing II :Abstraksi
Marina Tika Raya Oktavia Sibuea. 110531100078. Program Studi Ilmu Komunikasi. Eksploitasi Tubuh perempuan Dalam iklan (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Dalam Iklan AXE Versi “Heaven on Earth”) ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana eksploitasi tubuh perempuan dalam iklan muncul dalam iklan AXE versi “Heaven on Earth”. Metode dari penelitian ini sendiri menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis Sara Mills, peneliti beranggapan dengan menggunakan metode dan analisis wacana Sara Mills maka Eksploitasi tubuh perempuan dalam iklan AXE dapat di teliti secara lebih mendalam sehingga dapat menemukan unsur bias gender di dalamnya. Hasil pembahasan dari penelitian ini sendiri adalah Hasil adanya eksploitasi terhadap perempuan dalam iklan yang di temukan oleh peneliti dalam penelitian ini, adanya eksploitasi perempuan baik secara fisik maupun secara non fisik, yaitu, di mana secara fisik ada beberapa bagian tubuh dari perempuan pada iklan ini yang di tonjolkan seprti area bahu, dada, paha dan sebagainya. Di mana area tersebut seharusnya tidak di tonjolkan pada iklan yang jam tayangnya di luar jam tayang dewasa. Secara non fisik di temukan bahwa karakteristik perempuan yang di gambarkan pada iklan ini adalah Mudah tergoda laki-laki, seksi, dan agresif, di mana hal ini sangat bertolak belakang dengan peran perempuan sesungguhnya dalam kehidupan nyata di kesehariannya. Kata Kunci : Eksploitasi, Gender, Perempuan
AbstractionABSTRACT Marina Tika Raya Oktavia Sibuea. 110531100078. Program Studi Ilmu Komunikasi. Eksploitasi Tubuh Perempuan Dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Sara Mills Dalam Iklan Parfum AXE Versi “Heaven on Earth”) The purpose of this research was to find out how the exploitation of women's bodies in advertisements appeared in the AXE version of "Heaven on Earth". The method of this research itself using qualitative method with approach of critical discourse analysis Sara Mills, researcher assumed by using method and analysis of Sara Mills discourse hence exploitation of woman body in AXE perfume advertisement can be examined deeper so that can find element of gender bias in it. The result of this research is the result of the exploitation of women in advertisements found by researchers in this study, the exploitation of women both physically and non-physically, that is, where there are physically some body parts of women in this ad which in bulk showing shoulder areas, chest, thigh and so on. Where the area should not be highlighted in the advertisement that the air time is outside the adult hour. Non-physically found that the characteristics of women depicted in this advertisement is easily seduced men, sexy, and aggressive, where this is very contrary to the real role of women in real life in everyday life. Key words : Eksploitation, Gender, Woman, Sexuality