Detail Karya Ilmiah

  • WACANA PERJODOHAN (KESETARAAN GENDER) DALAM IKLAN (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Pada Iklan Fair & Lovely edisi nikah atau S2)
    Penulis : Gustina Nindya Primanti
    Dosen Pembimbing I : Dessy Trisiolowaty, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Berdasarkan tujuan permasalahan yang penulis kemukakan, maka tujuan dari penelitian yang akan digunakan adalah untuk mengetahui “Bagaimana representasi perempuan dalam iklan Fair and Lovely edisi nikah atau S2. Fair and Lovely edisi nikah atau S2 menyampaikan sebuah arti yang dimana membicarakan soal jodoh dan pendidikan. Objek penelitian ini adalah iklan Fair and Lovely edisi nikah atau S2. Teknik pengumpulan data merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Akan tetapi tanpa adanya sebuah data-data yang jelas dan berkaitan dengan fokus penelitian, sebuah penelitian tidak akan mampu memperoleh hasil secara maksimal. Analisis data menggunakan analisis wacana Norman Fairclough melalui 3 dimensi yaitu dimensi text, discourse practice, dan sosiocultural practice. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan Fair & Lovely edisi nikah atau S2, perempuan digambarkan sejajar dengan pria yang dalam artian perempuan yang ingin karirnya sederajat dengan laki-laki. Perempuan dalam iklan tersebut di representasikan sebagai perempuan yang mampu memiliki kemampuan pendidikannya hingga S2 dibandingkan nikah terlebih dahulu. Bahkan gadis tersebut tidak mau kalah dengan jodohnya, ia juga akan menikah tapi setelah lulus S2, seperti dia, aku juga harus terpelajar, punya karir bagus. Baru kita akan jadi jodoh yang pas. Jadi sama kan. Kata Kunci : Analisis Wcana Norman Fairclough, Perempuan, Iklan

    Abstraction

    Based on the objective problems which the writer suggested, meaning the goal of the research that will be used is to determine "How the representation of women in advertising Fair and Lovely edition marriage or S2. Fair and Lovely edition of marriage or S2 convey a sense in which talk about dating and education. The object of this research is the issue of Fair and Lovely ad marriage or S2. Data collection techniques is one of the most important elements in a study. But the absence of a clear data and related to the focus of research, a study would not be able to obtain maximum results. Data analysis used Norman Fairclough discourse analysis through the 3 dimensions of text, discourse practice, and sosiocultural practice. Results of the research showed that the Fair & Lovely ad or S2 issue of marriage, women are portrayed in parallel with men in terms of career women who want equal with men. Women in the ad is represented as a woman who is able to have the ability of education to S2 than marriage first. Even the girls do not want to lose his soul mate, he will also get married but after graduation S2, like him, I also have learned, have a good career. Then we will be match fit. So the same right. Keywords: Analysis Wcana Norman Fairclough, Women, Advertising

Detail Jurnal