Detail Karya Ilmiah
-
KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI PADA PENDERITA TUNA NETRA DI LAMONGANPenulis : Dyah Mustika ElmastutiDosen Pembimbing I : Dr.Bani Eka Dartiningsih,S.Sos.,M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rasa percaya diri tuna netra yang berada di tengah lingkungan masyarakat yang normal lainnya..Objek dari penelitian ini adalah faktor pendukung, faktor penghambat dan proses komunikasi keluarga dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak penderita Tunanetra.sejauh mana peran orang tua dalam membangun rasa percaya diri pada penderita tunanetra.Tehnik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Ini meliputi Observasi, dokumentasi dan wawacara langsung. narasumber yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 nara sumber terdiri 4 orang tua yang memiliki anak penderita tuna netra,dan 4 orang anak penderita tuna netra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak faktor yang memperngaruhi kepercayaan diri pada tuna netra.Interaksi dengan keluarga,memberikan motivasi merupakan salah satu hal yang dapat membangun kepercayaan diri penderita tuna netra.Selain itu lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri pada penderita tuna netra.hal ini berkaitan dengan penerimaan masyarkat atau lingkungan sekitarnya untuk memberikan dukungan,dan membantu untu tetap percaya diri di tengah masyarakat luas. Kata Kunci : Tuna netra,komunikasi antar pribadi,rasa percaya diri
AbstractionAbstract This study aims to determine what factors affect the blindness of the self-confidence that is in the midst of other normal community environments. The subjects of this study are supporting factors, inhibiting factors and the process of family communication in increasing self-confidence in sufferers. Blind people, how far is the role of parents in building confidence in blind people. The collection technique in this study uses a qualitative descriptive approach research method. This includes direct observation, documentation and procedures. The resource persons used in this study were 8 resource persons consisting of 4 parents who had children with visual impairment, and 4 children with visual impairment. The results showed that many factors affect self-confidence in the blind. Interaction with family, providing motivation is one of the things that can build self-confidence of blind people. In addition, the environment is also one of the factors that influence self-confidence in blind people This matter relates to the acceptance of the community or the surrounding environment to provide support, and helps to remain confident in the wider community. Keywords: blindness, interpersonal communication, confidence