Detail Karya Ilmiah

  • Propaganda Politik Partai Gerindra Dalam Game Mas Garuda Pada Pemilu 2014 (Analisis Deskriptif Game Online Mas Garuda)
    Penulis : Angga Satrya Putra
    Dosen Pembimbing I : Surokim, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna tampilan dan isi dalam game online “Mas Garuda”. Game ini berisikan aspek penandaan yang bermuatan politis sehingga dapat menjadi sebuah teknik propaganda. Subjek dari penelitian ini adalah game “Mas Garuda” yang telah di-input pada media sosial Facebook. Metode pengumpulan data menggunakan dokumenter dan literatur. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “MAS GARUDA” dapat membentuk perspektif para pemain terhadap Mas Garuda sebagai sosok superhero harapan bangsa Indonesia yang mampu mengatasi segala permasalahan yang ada di Indonesia. Game ini merupakan bentuk kampanye kreatif dengan menggunakan teknik propaganda yang diselipkan pada game sehingga memiliki kekuatan merubah pola fikir dari setiap pemainnya. Perubahan pola fikir terjadi karena pemain tidak mempunyai kesempatan untuk berfikir kritis atas aspek penandaan yang terdapat pada game tersebut. Dengan tidak langsung para pemain akan merasakan emosional dari game ini dan menganggap penokohan “Mas Garuda” dalam game ini adalah suatu kebenaran yang dapat dipercayai. Kata kunci : Deskriptif, Game Online, Mas Garuda, Partai Gerindra

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine how the meaning of the look and content of the online game "Garuda Mas". This game contains aspects of politically charged designations so that it can become a propaganda technique. The subject of this study is the game "Garuda Mas" which has been input on social media Facebook. Methods of data collection using documentary and literature. Data analysis using descriptive techniques. Data validity checking techniques using triangulation source. The results showed that the game "MAS GARUDA" can form the perspective of the players against Mas Garuda as a superhero figure hopes the Indonesian people who are able to overcome all the problems that exist in Indonesia. This game is a form of creative campaigns using propaganda techniques inserted in the game that has the power to change the mindset of every player. Change of mindset occurs because the player did not have an opportunity to think critically on aspects marking contained in the game. By indirectly the players will feel the emotional of this game and assume characterizations "Garuda Mas" in this game is a truth that can be believed.

Detail Jurnal