Detail Karya Ilmiah
-
Inovasi Komunikasi Pemasaran Koran Radar Madura (Jawa Pos Group) Dalam Mempertahankan Oplah Penjualan Koran Cetak di Tengah Persaingan Berita Media SosialPenulis : Rahmatullah Ferdi YuliandanaDosen Pembimbing I : Surokim, S.Sos, M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Rahmatullah Ferdi Yuliandana, 110531100046, 2017. Inovasi Komunikasi Pemasaran Koran Radar Madura (Jawa Pos Group) Dalam Mempertahankan Oplah Penjualan Koran Cetak di Tengah Persaingan Berita Media Sosial. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing Surokim, S.Sos, M.Si. Media online telah menjadi new media yang lebih disukai semua kalangan terutama anak muda dalam memperoleh informasi. Secara pemberitaan media online lebih real time dibanding surat kabar yang masih sehari lebih lambat dalam pemberitaannya. Selain itu, unsur moderenitas menjadi salah satu faktor utama yang membuat media online lebih disukai dibanding koran cetak. Sehingga para produser surat kabar perlu melakukan inovasi pemasaran agar mereka tetap bisa bertahan. Koran Jawa Pos merupakan surat kabar yang memiliki kontributor di berbagai daerah di Jawa Timur khususnya di empat kabupaten di Madura. Berdasarkan informasi dari kalangan loper, agen, hingga kantor pemasaran Koran Radar Madura di setiap kabupaten mengalami penurunan omset penjualan. Penelit iyakin perusahaan tersebut tidak hanya diam, melainkan mereka melakukan inovasi-inovasi komunikasi pemasaran agar perusahaannya tetap eksis di masyarakat. Penelitian ini diangkat untuk mengetahui inovasi promosi dari Koran Radar Madura yang terus bersaing keras ditengah pesatnya perkembangan media sosial. Selain itu, peneliti juga akan mengkorelasikan antara kajian keilmuan berupa teori komunikasi pemasaran dengan inovasi praktis dalam Koran Radar Madura agar peneliti bisa mengetahui inovasi komunikasi pemasaran yang dilakukan. Kata kunci: inovasi komunikasi pemasaran, Koran Radar Madura (jawa pos group), oplah penjualan koran cetak.
AbstractionABSTRACT Rahmatullah Ferdi Yuliandana, 110531100046, 2016. Newspaper Marketing Communications Innovation of Radar Madura (Jawa Pos Group) In The Number Of Newspaper Sales In The Competitive Social Media.Communications Departement, Faculty of Cultural and Social Science.University ofTrunojoyo Madura, Advisor :Surokim, S.Sos, M.Si. Online media has become a new medium that preferably all people, especially young people in obtaining information. In online media coverage is more real time than the daily newspaper that is still slower in reporting. In addition, elements of modernity became one of the main factors that make online media favored over print newspapers. So the producers newspapers need to do marketing innovation to keep them afloat. Jawa Pos newspaper is a newspaper which has contributor in various regions in East Java, especially in four regencies in Madura. Based on information from the deliveryman, agents, up marketing offices Radar Madura newspapers in every county decreased sales turnover. Penelit iyakin the company is not only silent, but they do innovations in marketing communications company that still exist in society. This study was appointed to determine the sale of newspapers innovation Radar Madura continued to compete fiercely amid the rapid development of social media. In addition, researchers will also correlate between the scientific assessment in the form of marketing communication theory with practical innovation in the newspaper Radar Madura so that researchers can determine which marketing communication innovations do. Keywords: innovation marketing communications, newspapers Radar Madura (Jawa Pos Group), circulation sales of the print newspaper.