Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja kepada Orangtua di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo
    Penulis : Eka Risky Yoga Prasetiya
    Dosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi, S.Sos. MA
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjudul “Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja Kepada Orang Tua Di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja Kepada Orang Tua Di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian kuantitatif menggunakan penghitungan korelasional untuk meneliti adanya hubungan dua variabel yaitu variabel X (pengaruh kecanduan game online) dan variabel Y (terhadap komunikasi interpersonal remaja kepada orang tua). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y. Hasil uji hipotesis dapat diketahui t hitung 5,615 sedangkan t tabel 1,984 maka dapat dikatakan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Dari hasil tabel korelasional menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y r xy sebesar 0,452 dan berada pada interval 0,40 – 0,559 sehingga dapat dikatakan variabel bebas yaitu variabel X memiliki pengaruh atas variabel terikat yaitu variabel Y. Kata Kunci : Game Online, Komunikasi Antarpribadi, Kuantitatif Korelasi

    Abstraction

    ABSTRACT This research is a quantitative study titled “The Effect of Online Gaming Addiction for The Adolescent Interpersonal Communication to Parents at Sub-district Sidoarjo, District Sidoarjo”. The purpose of this study was to determine whether there The Effect of Online Gaming Addiction for The Adolescent Interpersonal Communication to Parents at Sub-district Sidoarjo, District Sidoarjo. Quantitative research using correlational calculation to examine the relationship between two variables that is the variable effect of online gaming as a variable X and the adolescent interpersonal communication to parents as a variable Y. The results of this study concluded that the variable X (The Effect of Online Gaming) has an effect for variable Y (The Adolescent Interpersonal Communication to Parents). Hypothesist test results can be discovered t count 5,615 while t table 1,984 it can be said that t count is bigger than t table. From the results of correlation tables show that the major effect of variable X (The Effect of Online Gaming) to variable Y (The Adolescent Interpersonal Communication to Parents) r xy as big as 0,452 and on interval 0,40 – 0,559 so it can be said that independent variable as variable X has an effect on dependent variable as variable Y. Keywords: Online Game, Interpersonal Communication, Correlation Quantitative

Detail Jurnal