Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MESSAGE DESIGN OLEH DEBT COLLECTOR DALAM PENAGIHAN BERMASALAHPenulis : Ayu LumintangDosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati., S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Konsep teoritis yang digunakan meliputi pesan-pesan, metode komunikasi yang digunakan, dan model pemilihan strategi pesan yang digunakan oleh para Debt collector (Penagih).Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pesan-pesan apa saja dan seperti apa yang digunakan oleh para Debt collector (Penagih) dalam melakukan pendekatan terhadap para nasabah dan customer. Debt collector (Penagih) lebih bersifat merayu (persuasi) tetapi juga disesuaikan dengan tipe dari nasabah dan customer. Penelitian ini memfokuskan diri pada Message design (perancangan pesan) dan peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya terhadap penggunaan teori Message design (rancangan pesan) yang membahas tentang bagaimana membayangkan adanya skenario dari yang lebih kompleks, dan melalui skenario itu komunikator mendesain berbagai pesan yang diinginkan yang sesuai dengan situasi yang dihadapi. Kata kunci : Debt collector, Message design, Kredit Bermasalah, Telkomsel, BFI
AbstractionTheoretical concepts used include messages, methods of communication used, and the model selection messaging strategies used by the Debt collector. The purpose of this study was to find out what messages it and like what is to used by the Debt collector in approaching clients and customers. The results showed that the frequently used messages Debt collector is more seduce (persuasion) but also adapted to the type of customer and the customer. This study focuses on the Message design (designing messages) and the researchers suggested for further research on the use of the theory of Message design (draft messages), which discusses how to imagine a scenario of more complex, and through that scenario communicator designing various desired message corresponding the situation at hand. Keywords: Debt collector, Message design, NPL, Telkomsel, BFI