Detail Karya Ilmiah
-
Ekonomi Politik Harian Jawa Pos Radar Madura ( Analisis Ekonomi, Spasialisasi, dan Strukturasi )Penulis : GHUROTUL MUHAJALAHDosen Pembimbing I : Surokim, S. Sos., MsiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Ghurotul Muhajalah NRP : 110531100004. Ekonomi Politik Harian Jawa Pos Radar Madura “Analisis Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi”. Pembimbing Surokim, S. Sos., Msi. ABSTRAK Ekonomi politik media merupakan sebuah teori dalam perkembangan ilmu komunikasi yang mengkritisi tentang praktik-praktik media, objek dalam penelitian ini adalah Harian Jawa Pos Radar Madura sebagai media cetak terbesar dan tertua di Madura. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi pada harian Jawa Pos Radar Madura. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan bagaimana ekonomi politik yang dilakukan Jawa Pos Radar Madura. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kajian ekonomi politik dalam harian Jawa Pos Radar Madura dengan ditinjau dari tiga cermin teori ekonomi politik media, yaitu komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Komodifikasiadalah mengubah nilai guna kedalam nilai tukar dengan tiga bentuk komodifikasi yaitu komodifikasi isi,komodifikasi audiensdan komodifikasi pekerja dari Jawa Pos Radar Madura. Melakukan perluasan jaringan dengan melakukan spasialisasi, baik spasialisasi vertikal maupun spasialisasi horizontal untuk mengatasi hambatan ruang dan waktu Jawa Pos Radar Madura. Strukturasi yaitu dengan menjalin relasi atau kerja sama antara Radar Madura (agen) dan masyarakat (struktur).Hubungan atau relasi tersebut yang kemudian menjadi modal kekuatan Jawa Pos Radar Madura atas kekuasaan sosial (hegemoni). Penelitian ini membahas semua proses ekonomi politik mulai dari skala mikro sampai dengan skala makro, yaitu meliputi proses produksi, distribusi, dan konsumsi mediaJawa Pos Radar Madura oleh masyarakat Madura. Kata kunci : Ekonomi politik, Radar Madura, Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi.
AbstractionGhurotul Muhajalah NRP : 110531100004. Political Economyof Jawa Pos Radar Madura "Analysis of commodification , spatialization , and Structuration".Advisor Surokim, S. Sos., Msi. ABSTRACT The political economy of the media is a theory in the development of science communication to criticize about media practices, the object of this research is Jawa Pos Radar Madura as the oldest and largest print media in Madura. The purpose of this study to determine how commodification, spatialization, and structuration in the Jawa Pos Radar Madura. The method used descriptive qualitative that illustrates how the political economy that made Jawa Pos Radar Madura. The results of this study are contained in the daily study of the political economy of Jawa Pos Radar Madura with three mirrors in terms of the theory of political economy of media, namely commodification, spatialization, and structuration. Commodification is changing the use value into exchange with three forms of commodification is the commodification of contents, commodification audience, and the commodification of workers from Jawa Pos Radar Madura. Expanding the network to perform spatialization, spatialization both vertical and horizontal spatialization to overcome the barriers of space and time of Jawa Pos Radar Madura. Structuration is to establish a relationship or partnership between the Jawa Pos Radar Madura (agent) and the community (structure). Relationship or the relationship which later became the capital strength of Jawa Pos Radar Madura on social power (hegemony). This study discusses the political economy processes ranging from micro to macro scale, which includes the production, distribution, and consumption of media Jawa Pos Radar Madura from Madura community. Keywords: political economy, Radar Madura, commodification, spatialization, and Structuration.