Detail Karya Ilmiah
-
TEKNIK KOMUNIKASI INTERPERSONAL HOSTES UNTUK MENARIK MINAT PELANGGAN DALAM MEMBELI PRODUK DI CLUB MALAM CAT’S PAJAMAS SURABAYAPenulis : Okky Perdana PutraDosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi, S.Sos. MA.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Kehidupan metropolis Surabaya mempunyai berbagai macam tempat hiburan malam. Setiap individu melakukan komunikasi, salah satunya adalah komunikasi interpersonal. Dalam penelitian kali ini membahas tentang teknik komunikasi interpersonal hostes dengan pengkajian komunikasi interpersonal yang menggunakan teori teknik komunikasi interpersonal. Menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan wawancara serta observasi sebagai langkah untuk pengumpulan data penelitian ini. Dengan dibantu menggunakan triangulasi sumber sebagai metode yang akan digunakan untuk menguji keabsahan data dari data yang telah peneliti berupa informasi yang diperoleh dari wawancara, obeservasi, dan serta dokumentasi berupa foto dari hostes yang bekerja di Cat’s Pajamas Surabaya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh hostes kepada pelanggan lebih menggunakan komunikasi informatif dan persuasif. Kedua hostes menerapkan juga lima sikap positif dalam komunikasi interpersonal. Hostes OC dan PA mempunyai perbedaan dari segi kemampuan dalam menawarkan produk kepada pelanggan. Hostes menyusun strategi untuk meningkatkan minat konsumen dalam membeli produk sebagai upaya mendapatkan reward dari hasil penjualan. Kata kunci: Teknik Komunikasi Interpersonal, Minat Konsumen, Hostes
AbstractionLife of the metropolis of Surabaya has a variety of night clubs. Each individual communication, one of which is the interpersonal communication. In this study discusses the interpersonal communication techniques hostesses with an assessment of interpersonal communication that uses the theory of interpersonal communication techniques. Using descriptive qualitative techniques and interview and observation as a step to this research data collection. Aided by using trinagulasi source as the method to be used to test the validity of the data from the data that has researchers in the form of information obtained from interviews, observation, and as well as documentation in the form of photos of hostesses who work at the Cat's Pajamas Surabaya. Results from the study showed that interpersonal communication techniques performed by the hostesses to more customers using informative and persuasive communication. Both hostesses apply also five positive attitude in interpersonal communication. Hostesses OC and the PA have differences in terms of the ability to offer products to customers. Hostesses develop strategies to increase consumer interest in buying the product in order to get a reward from the sale. Key Word: Interpersonal Communication Engineering, Consumer Interests, hostesses